Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

DPRD Jatim Berharap Pemerintah Realisasikan Bandara Tulungagung

 
25 Agustus 2016

DPRD Jatim Berharap Pemerintah Realisasikan Bandara Tulungagung

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD) Jawa Timur meminta dan mendorong kepada Pemerintah Pusat dan Pemprov Jatim agar segera merealisasikan dan mempercepat proses pembangunan bandara baru di wilayah selatan jawa timur tepatnya di Tulungagung, Anggota DPRD Jatim, Chusainuddin mengatakan, langkah membangun bandara di Jawa Timur bagian selatan adalah langkah yang tepat. Sebab, kehadiran bandara itu akan membuka akses transportasi udara kedelapan kabupaten/kota yang masuk wilayah ekskarisedenan Kediri dan madiun sehingga akan mendongkrak tingkat perekonomian di wilayah tersebut.

Dengan adanya bandara udara di wilayah Jawa Timur bagian selatan ini akan membuka akses delapan kabupaten/kota yang memiliki potensi ekonomi dan alam yang luar biasa. Dengan begitu potensi itu bisa lebih diekplorasi, ujar chusainuddin.

Rencana pembangunan bandara baru tersebut diakui Pemprov Jatim sudah disetujui Pemerintah Pusat, pembangunan tersebut dengan sejalan dengan keputusan Presiden Joko Widodo, yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka Negara kesatuan.

Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur ini memiliki letak yang strategis, karena berada di tengah-tengah delapan daerah pengusul pembangunan bandara komersial tersebut. Karena itu posisi pembangunan bandara sangat pas karena berada di tengah-tengah Kabupaten Madiun, Magetan, Ponorogo, Trenggalek, Pacitan, Blitar, Tulungagung dan Kota Kediri.

Sampai saat ini ada dua opsi lokasi bandara yakni di Kecamatan Campur Darat yang masuk wilayah Tulungagung Selatan dan Kecamatan Rejotangan yang masuk wilayah Tulungagung Timur. Pemprov Jatim mengakui jika pembangun bandara ada Direjotangan karena dekat dengan akses Jalur Lintas Selatan (JLS) dan jalur kereta api dengan akses jalan nasional dan provinsi yang reprensentatif.

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved