Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Biro hukum tunggu usulan berbagai pergub dari SKPD

 
22 Agustus 2016

Biro hukum tunggu usulan berbagai pergub dari SKPD

Pengesahan beberapa Perda oleh DPRD Jatim, hingga kini mulai merumuskan Pergub sebagai aturan teknisnya penyusunan Pergub dilakukan oleh SKPD terkait, sehingga kepastian pergub baru dapat diproses setelah usulan dari berbagai SKPD diserahkan.” Untuk pergub, kami Biro Hukum hanya menyelesaikan hasil akhirnya. Jadi kalau perda sudah disahkan, maka itu akan dikembalikan lagi ke SKPD terkait untuk dibuatkan template sesuai dengan pasal-pasalnya dan mana saja yang di berlakukan.” Kata Kabiro Hukum Setdaprov Jatim, Himawan Estu Bagijo.

Setelah Draf Pergub dibuat dan diterimanya, baru kemudian Biro Hukum membahasnya.” Kami akan bahas dan dinaikan ke Pak Sekda, kemudian ke Pak Gub jika disetujui, maka kami keluarkan dalam bentuk lembaran daerah yang siap untuk diberlakukan,”ungkapnya.

Ia memiasahkan, perda ketenagakerjaan yang baru disahkan DPRD jatim saat ini jadi urusan disnaker,” mereka ini yang nantinya akan mengajukan pergubnya ke Biro Hukum. Mungkin masih disusun disnaker,”jelasnya.

Untuk draf saat ini yang diterima nya terkait pengajuan pergub yakni dari perda penyelenggaraa kesehatan yang telah dikirimkan oleh dinas kesehatan.” Pergub penyelenggaraan kesehatan ini kami sedang membahasnya,”tuturnya.

Sementara untuk sejumlah perda yang hingga kini masih belum ada pergub, ia mengimbau agar SKPD segera mengajukan pasal per pasal dan rencana pemberlakuan agar segera bisa dibuatkan pergubnya. Ia mengakui sejak tahun 2015 ada sejumlah perda yang tak memiliki pergub.”memang ada perda yang tidak harus dipergubkan karena sifatnya umum, tak hanya itu, harus kajian research di perlukan untuk memetakan dari mana perda itu di usulkan, lalu SKPD mana yang menanganinya, sebab hanya dengan cara itu bisa dilihat nantinya bisa diberlakukan dilingkup provinsi,”ujarnya.

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved