Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Ninik Sulistyaningsih Sesalkan Kepedulian Pemerintah Kucurkan Kredit UMKM

 
14 September 2016

Ninik Sulistyaningsih Sesalkan Kepedulian Pemerintah Kucurkan Kredit UMKM

Sebagai anggota DPRD Jatim yang sering turun ke lapangan, Ninik Sulistyaningsih sangat menyesalkan kepedulian pemerintah dalam mengucurkan kredit UMKM kepada para pengusaha kecil masihlah minim. Akibatnya, merekapun untuk menambah modal terpaksa pinjam di bank yang notabene mematok bunga sangat tinggi.

“Sebelum saya duduk sebagai anggota DPRD Jatim, saya banyak berkecimpung dan menjadi pendamping beberapa koperasi. Dimana sebagian besar anggotanya terdiri dari ibu-ibu. Mereka sangat sukses bahkan ada yang memiliki cabang. Saat ini jumlah anggotanya mencapai 3.500 orang,’’tegas politisi asal Partai Demokrat ini.

Bahkan seperti di Trenggalek, ada perajin tempe dan kripik gadung penjualannya bisa tembus keluar wilayah bahkan sampai ke luar negeri. Begitupula dengan perajin keranjang pindang ternyata banyak yang melirik. ‘’Tapi sayangnya mereka tidak bisa berkembang hebat, akibat minimnya modal. Sementara untuk mendapatkan kredit UMKM birokrasinya panjang sekali,’’papar wanita berjilbab ini.

Untuk itulah, setiap ibu dua putri ini turun reses, dia selalu sambat ke SKPD yang menangani soal koperasi dan UMKM. Karenanya, sejak awal dirinya dipercaya sebagai anggota dewan dengan daerah pemilihan (dapil) VII, pihaknya berkomitmen untuk membantu masyarakat khususnya dibidang ekonomi.

“Kebetulan konstiuen saya banyak dari para perempuan. Untuk itu saya ingin berjuang bagaimana para ibu-ibu mendapatkan pendapatan untuk membantu suaminya tanpa harus meninggalkan keluarga. Apalagi dengan kondisi ekonomi yang belum membaik, karena usaha UMKM sangat membantunya,’’tegas Ninik yang memiliki hobby traveling.

Dikatakannya, sejak tertarik masuk partai satu keinginan dari Ninik yaitu ingin meningkatkan ekonomi masyarakat lewat UMKM, Ternyata keinginan tersebut baru terkabul 2015, saat dirinya dipercaya menggantikan Sugiri Sancoko yang maju dalam Pilbup Ponorogo. ‘’Memang saya membayangkan jadi dewan sejak 2009. Namun saat itu suami melarang karena anak-anak masih kecil. Resmi saya maju 2014. Tapi waktu itu dengan nomor urut 3 di dapil VII, sepertinya kesulitan untuk menjadi dewan, karena waktu itu Partai Demokrat banyak cobaan. Ternyata allah memberikan amanah pada 2015 ini lewat proses PAW,’’jelasnuya. cty  

 

                                                                                        

 

 

 

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved