Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Perhatian Penuh Pada Penanggulangan Banjir

 
02 April 2013

Suara Indrapura : Jatim masih tidak lepas dari bencana. Cukup banyaknya titik-titik yang berpotensi terjadi bencana di Jatim tersebar di sekitar 32 Kabupaten dan Kota. Jenis bencana yang mengancam Jatim juga cukup komplek, mulai dari banjir, tanah longsor, gempa bumi, tsunami, angin puting beliung hingga gunung meletus.

Oleh karena itu, potensi bencana ini layak untuk mendapatkan perhatian serius dari berbagai pihak, mulai dari pemerintah hingga instansi lainnya, tak terkecuali anggota DPRD Jatim dari Fraksi Demokrat Subroto Kalim. Wakil rakyat yang berangkat dari dapil X (Lamongan, Gresik) ini akan memfokuskan diri dalam penanggulangan bencana, khususnya banjir.

Lamongan dan Gresik masuk dalam zona rawan bencana banjir. Hal ini dikarenakan, kedua wilayah itu tidak lepas dari aliran bengawan Solo. Hampir setiap tahun, kawasan yang berada di pinggir aliran Bengawan Solo di Lamongan dan Gresik terendam banjir. “Karena itu, saya akan menjaring aspirasi masyarakat khusus untuk penanggulangan banjir. Ya, saya akan fokus pada penanggulangan  banjir,” kata Subroto Kalim.

Dalam upaya itu, Subroto Kalim akan melakukan koordinasi dengan pemerintah, mulai dari pemerintah Kabupaten, Provinsi hingga Pemerintah Pusat. Hal ini untuk mengetahui langkah-langkah serta program pemerintah dalam penanggulangan banjir. Kemudian, pihaknya mendesak pemerintah untuk melakukan optimalisasi khususnya dalam anggaran. “Program penanggulangan banjir ini kan ada disetiap pemerintahan dari Kabupaten/Kota hingga pusat. Perlu ada koordinasi yang baik, dan mana yang harus menjadi perioritasnya,” sambung Subroto.

Tak hanya itu, ketika terjadi banjir, masalah lain juga akan mengikuti. Diantaranya adalah masalah kesehatan warga korban banjir. Selama ini perhatian pemerintah terhadap kesehatan korban bencana masih belum maksimal. “Saya akan berupaya bagaimana nantinya penanganan kesehatan akan lebih optimal, sehingga korban bencana tidak sampai terserang penyakit,” pungkasnya. (Noni)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved