Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Pengesahan PSPD Harus Dibarengi dengan Revisi Tatib Dewan

 
27 September 2016

Pengesahan PSPD Harus Dibarengi dengan Revisi Tatib Dewan

Perubahan Satuan Perangkat Daerah (PSPD) dilingkup Pemprov Jatim, ternyata berpengaruh pada posisi mitra kerja yang dimiliki oleh setiap komisi yang ada di DPRD Jatim. Karenanya, dewan berencana merevisi tatib dewan terkait mitra kerja.

Wakil Ketua Bapperda Jatim, Irwan Setiawan menegaskan saat ini Bapperda telah menyiapkan draft rancangan terkait perubahan PP16/2009 yang direvisi menjadi PP 23/2014 terkait Pemerintahan daerah. Berikut soal PP 18/2016 tentang perubahan Satuan Perangkat Daerah (PSPD) yang sudah disahkan memang harus dilakukan karena berhubungan dengan mitra kerja komisi. Juga terkait dengan protokol dan keuangan yang belum keluar PP nya.

"Yang pasti kami sudah menyiapkan draf untuk perubahan tatib terkait Pemda. Sedang untuk PSPD dan soal protokoler dan keuangan, kami masih konsultasi ke pimpinan dewan sebelum revisi tatib disahkan,"tegas politisi asal PKS, Selasa (27/9).

Diakuinya, memang seharusnya setelah disahkanya Raperda PSPD harus diikuti oleh revisi tatib yang dimana salah satu pasalnya menyatakan adanya pembagian mitra kerja. Salah satunya dimana sebelumnya Dinas Pendidikan dan kebudayaan dijadikan satu dan menjadi mitra kerja komisi E kini berubah menjadi mitra kerja Komisi B karena Dinas Kebudayaan dijadikan satu dengan Pariwisata.

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Jatim, Achmad Iskandar mengatakan dengan selesainya Raperda PSPD maka harus diimbangi dengan revisi tatib dewan. Dengan begitu setelah KUA PPAS RAPBD 2017 selesai disahkan, maka diimbangi dengan selesainya peletakan mitra kerja dimasing-masing komisi. Dengan begitu tidak ada lagi kesemrawutan.

"Memang antara SKPD dan mitra kerja komisi harus berjalan linier. Dengan begitu ketika ada masalah sama-sama akan nyambung. Berikut soal kebutuhan program dan anggaran memang harus menjadi pemikiran bersama antara komisi dan mitra kerjanya,"paparnya.

 

 

 

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved