Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Penataan SKPD Belum Tuntas, Pembahasan R-APBD Jatim 2017 Terancam Molor

 
05 Oktober 2016

Penataan SKPD Belum Tuntas, Pembahasan R-APBD Jatim 2017 Terancam Molor

DPRD jatim meminta Gubernur segera menuntaskan perampingan SKPD di lingkungan Pemprov Jatim sesuai Perda tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah (PSPD) yang baru disahkan pada 26 September lalu, jika tidak segera tuntas maka pembahasan RAPBD jatim 2017 terancam molor.

Pembahasan R-APBD Jatim 2017 terancam molor, dikarenakan pihak eksekutif belum siap, sehingga rapat Banmus DPRD Jatim untuk penjadwalan pembahasan R-APBD yang harusnya dilaksanakan pada 7 Oktober diundur 10 Oktober 2016, imbasnya pembahasan R-APBD Jatim 2017 hanya berlangsung 2 bulan karena pada 10 November Raperda APBD Jatim harus disahkan.

Husnul Akib, anggota banggar DPRD jatim, menyampaikan, belum tuntasnya realisasi perampingan SKPD di lingkungan Pemprov Jatim, bisa berdampak pada pembahasan RAPBD jatim 2017, untuk itu dewan meminta gubernur segera menuntaskan perampingan SKPD karena itu menjadi dasar dalam membahas RAPBD jatim, jika gubernur tidak segera menuntaskan perampingan SKPD maka pembahasan RAPBD jatim terancam molor, dampaknya target dikedok 10 November akan sulit terealisasi.

"Gubernur harus segera menuntaskan perampingan SKPD di tubuh Pemprov jatim, agar pembahasan RAPBD jatim 2017 bisa tuntas sesuai target pengesahan yakni 10 November," ujar Politisi dari fraksi PAN DPRD jatim ini.

Husnul Aqib menegaskan, Pemprov harus mengedepankan Program menyangkut kerakyatan terutama untuk menekan kesenjangan ekonomi yang saat ini semakin tinggi. "Yang terjadi saat ini yang kaya makin kaya, yang miskin makin miskin, imbasnya kesenjangan ekonomi di jatim semakin tinggi, dan ini harus menjadi prioritas penanganan agar ekonomi di jatim bisa lebih stabil," pungkas Politisi yang duduk sebagai anggota komisi A DPRD jatim ini.

Sementara itu Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Jawa Timur, Fattah Jasin mengatakan, dalam Draft KUA – PPAS diketahui kekuatan belanja R-APBD Jatim 2017 mencapai Rp 23,6 Triliun, anggaran diprioritaskan untuk urusan Infrastruktur, Kesehatan, ekonomi serta Pendidikan, Termasuk juga anggaran untuk memenuhi peralihan SMA/SMK dari kabupaten/kota menjadi kewenangan Provinsi.

                                         

 

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved