Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Pemprov Dan DPRD Berikan Bantuan Atlet Penyandang Cacat Berlaga Di Papernas

 
10 Oktober 2016

Pemprov Dan DPRD Berikan Bantuan Atlet Penyandang Cacat Berlaga Di Papernas

Gubernur Jawa Timur akan memberikan bantuan kepada atlet penyandang cacat Jawa Timur yang akan berlaga  Pekan Paralimpiade Nasional atau Pekan Paralimpik Indonesia (Papernas) yang berlaga di Bandung Jawa barat mendatang.

Gubernur Jawa Timur, H. Soekarwo ditemui usai menerima penyandang cacat Jatim di Komisi A DPRD Jatim, senin (11/10) mengatakan meski tidak ada cover anggaran, pihaknya akan maksimal memberikan bantuan anggaran yaitu bantingan (urunan), untuk membantu kebutuhan selama menjalankan pertandingan. "Untuk dana buat olahraga bagi penyandang cacat memang tidak ada di Koni maupun Dispora karena tidak aturan dari pusat terkait dana olahraga bagi penyandang cacat, namun pihaknya akan tetap memberikan bantuan hanya akomodasi bagi atlet saja dari pemprov Jatim,"ujarnya.

Pihaknya juga memberikan saran apabila pihak penyandang cacat mendapat anggaran tiap tahunnya untuk anggaran olahraga dari pemprov Jatim agar penyandang cacat yang tergabung Nasional Paralimpic Comite (NPC) langsung menghubungi pemerintah pusat agar ada aturan hukum yang jelas. "Kalau ingin masuk Koni Jatim ya harus menghubungi Koni pusat, atau kalau pengen berdiri sendiri juga harus membuat lembaga hukum dari pemerintah pusat,"ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Jatim Abdul Halim Iskandar, juga mempertegas agar Sekretaris dewan Jatim ikut memberikan dukungan anggaran pada atlet penyandang cacat asal Jawa Timur. “Saya meminta dewan juga memberikan bantuan anggaran,”ujarnya

Sementara itu, Imam Kuncoro, Ketua  NPC (National Paralimpic Comite ) mengatakan, dari 12 cabang olah raga, Jawa Timur mengikuti 9 cabang olah raga. “Untuk kebutuhan selama kegiatan, atlet melakukan urunan. Karena memang, selama ini belum ada beck up dari pemerintah,” tandas dia.

Pada kesempatan itu, Imam menyampaikan meski sudah ada bantuan dari Pemprov Jatim dan urunan pejabat, namun masih banyak kekurangan. “Karena kebutuhan anggaran selama pelaksanaan perpanas memerlukan dana hingga Rp 500 juta,”ujarnya.

Terkait kekurangan anggaran, Imam memastikan pihaknya akan berupaya kembali bersama pengurus NPC dan atlet untuk mendapat tambahan anggaran. “Kami akan terus mencari anggaran penyandang cacat di Jatim agar bisa berlaga di Bandung mendatang,” ujarnya



 

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved