Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Gubernur Tolak Penutupan Delapan PG

 
12 Oktober 2016

Gubernur Tolak Penutupan Delapan PG

Gubernur Jatim, Soekarwo menolak keras rencana pemerintah pusat yang akan menutup delapan Pabrik Gula (PG) dibawah PTPN yang ada di Jatim. Alasannya, kalau memang untuk meningkatkan produksi, lebih baik dilakukan revitalisasi. Apalagi selama ini Pemprov Jatim tidak pernah diajak komunikasi terkait rencana penutupan tersebut.

"Masyarakat kita itu, masyarakat tebu, yang kulturnya tebu. Saya tidak setuju dengan konsepnya pemerintah pusat itu. Apalagi selama ini Pemprov Jatim tidak pernah diajak komunikasi," tegasnya kepada wartawan Rabu (12/10).

Menurutnya, Pemerintah pusat, seharusnya bijak dan segera membenahi manajemen pabrik gula. Selain itu, peremajaan mesin atau revitalisasi seharusnya juga dilakukan bukan malah menutup pabrik gula yang telah ada. "Secara nasional, kita itu masih kekurangan 3,8 juta ton gula. Jadi, jangan ditutup, itu mesin dan manajemennya yang harus dibenahi bukan ditutup," ujarnya.

Selain itu, untuk meningkatkan produksi tebu, maka pemerintah juga harus memikirkan untuk menyediakan bibit serta pupuk murah bagi petani. "Teknologi pertanian juga harus dibenahi," tandas Pakde Karwo, panggilan akrabnya.

Terpisah, Kadis Perkebunan Pemprov Jatim, Samsul Arifin mengakui jika pihaknya telah mengirim surat ke gubernur terkait kabar penutupan delapan PG di Jatim. "Meski pusat belum resmi mengirimkan surat ke kami, namun dari rumor yang ada, maka kami mengirim surat ke gubernur,"tegasnya.

Sekedar diketahui, dalam sebuah dokumen yang beredar dan diterima oleh Soekarwo, pada 6 Oktober 2016 telah terjadi pertemuan antara direktur utama PTPN IX, X, XI, dan PT RNI, dengan Deputi Bidang Usaha Industri Agro dan Farmasi Kementerian BUMN RI.

Dalam pertemuan itu disebutkan bahwa pada 2017, Pabrik Gula Rejosari, Kanigoro, dan Purwodadi di wilayah Madiun akan ditutup. Sementara di wilayah Sidoarjo, PG Toelangan dan PG Watoetoelis juga akan ditutup.

Penutupan pabrik gula juga akan dilakukan untuk PG Meritjan di Kediri, PG Gondang Baru di Klaten, Jawa Tengah. Sementara di Situbondo, tiga pabrik gula yang ditutup adalah PG Pandji, PG Olean, dan PG Wringinanom.

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved