Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

DPRD Berharap RAPBD 2017 Tetap Untuk Kepentingan Rakyat

 
15 Oktober 2016

DPRD Berharap RAPBD 2017 Tetap Untuk Kepentingan Rak

Sembilan Fraksi Di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur berharap pada Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) 2017 tetap dimaksimalkan untuk kepentingan Rakyat. Serta melakukan kajian mendalam terkait potensi - potensi pendapat daerah.

"Dengan adanya kajian mendalam terkait pendapatan daerah, diharapkan potensi yang selama ini menjadi pendapat daerah tidak bocor, serta juga kesejahteraan masyarakat di Jatim bisa terwujud,"ujar Juru bicara Fraksi PKB Jatim, Chusainuddin di paripurna PU Fraksi tentang RAPBD 2017, Jumat (14/10).

Ia pun mencontohkan potensi daerah yang perlu diperhatikan seperti menjunjung tinggi prinsip - prinsip kearifan lokal dalam pengelolahan segala potensi sosial - ekonomi di Jatim. Terutama dalam kontesk pengelolahan potensi pertambangan.

Menurutnya banyak potensi tambang di Jatim belum dimanfaatkan secara optimal sesuai dengan prosedur tata cara penambangan yang benar. "Oleh karena itu kedepannya untuk pertambangan ini pihaknya meminta kepada pemprov untuk ditata ulang kembali, sehingga potensi pajak pertambangan dapat dijadikan potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) baru bagi pemprov Jatim,"ujarnya.

Begitu juga soal pengelolahan Gas alam. Selama ini potensi bahan bakar gas di Jatin belum dioptimalkan sebagaimana pemerintah memberlakukan bahan bakar minyak. Padahal provinsi Jatim dikenal memiliki potensi sumber daya gas yang besar. "Artinya ini jika mampu dimaksimalkan oleh pemprov terkait gas alam ini, maka sumbangan sektor gas dapat mendongkrak atau menaikan potensi PAD baru bagi Jatim,"paparnya.

Selain itu pihaknya juga menyampaikan perlu ada evaluasi terhadap penetapan anggaran masing - masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), sesuaikan dengan renstra SKPD yang berdasarkan prinsip money follow function. Dengan demikian peruntukan belanja benar - benar sesuai peruntukan dan kelompok sasaran.

Sementara itu Juru bicara Fraksi PPP, KH. Fauzan mengataakan Fraksi PPP mengingatkan atas pidato Presiden RI pada beberapa waktu lalu ditahun 2016 yaitu dimulainya Percepatan pembangunan. Untuk itu pada 2017 semua harus berrtekad untuk meningkatkan kemampuan daya serap dalam pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan yang telah disepakati bersama.

"Percepatan pembangunan ini harus kita tafsirkan dalam arti yang luas pada semua sektor antara lain infrastruktur, perekonomian, kesehatan, pendidikan, dan lapangan pekerjaan serta sumber daya manusia, dengan tujuan untuk memberikan jaminan dan pemenuhan hak, dan kesempatan mewujudkan keadilan dan kesejahteraan. sehingga terjadi harmonisasi kehidupan antar daerah maupun antar masyarakat,"ujarnya. 

Lebih lanjut terkait serapan anggaran pihaknya menilai masih minim sekali pada 2016 lalu, hal ini mengakibatkan potensi angka silpa menjadi tinggi. oleh karena itu kedepannya pihaknya berharap kepada SKPD dan instansi terkait memaksimalkan realisasi pelaksanaan program atau kegiatan, sehingga bisa dirasakan oleh masyarakat dan menekan semaksimal mungkin potensi Silpa. 

 

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved