Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Calon Anggota KPID Jatim Rawan Titipan

 
16 Oktober 2016

Calon Anggota KPID Jatim Rawan Titipan

Seleksi calon anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Jawa Timur periode 2016-2019 akan segera diumumkan hasilnya oleh pimpinan DPRD Jatim. Pasalnya, Komisi A DPRD Jatim telah menuntaskan fit and proper tes (uji kelayakan dan   kepatutan) terhadap 21 orang calon anggota KPID yang lolos dalam tahap psikotes pada Sabtu (15/10) lalu. 

"Hasil fit and proper tes ini akan kami sampaikan kepada pimpinan DPRD Jatim, Senin (17/10) ini. Kemudian pimpinan dewan yang akan mengumumkan 7 orang terpilih dan 7 orang cadangan anggota KPID Jatim periode 2016-2019. Sedangkan pengukuhannya dilakukan oleh Gubernur Jatim," ujar ketua Komisi A DPRD Jatim, Minggu (16/10) kemarin.

Lebih jauh politisi asal Partai Golkar  itu menjelaskan bahwa ada tiga peserta fit and proper tes yang mengundurkan diri karena tidak mendapat persetujuan dari instansinya karena mereka masih berstatus sebagai PNS dan CPNS, sehingga hanya diikuti 18 orang peserta. "Tiga orang yang mengundurkan diri itu adalah Awang Dharmawan, Putri Aisyiyah dan Vinda Maya," terang Freddy Poernomo.

Ia menilai pengunduran ketiga calon anggota KPID Jatim itu patut diapresiasi karena komisioner KPID ke depan itu tak boleh hanya menjadi pekerjaan sambilan. "Saya mengapresiasi atasan atau instansi ketiga calon KPID Jatim yang tak menginjinkan anak buahnya merangkap menjadi komisoner agar mereka bisa lebih fokus pada pekerjaannya dan KPID Jatim ke depan tidak menjadi lembaga sambilan," tegas Freddy.  

Yang menarik, kabar adanya calon titipan dari organisasi kemasyarakatan, organisasi kepemudaan, organisasi kemahasiswaan dan parpol, serta industri media juga kian santer beredar di masyarakat. Pasalnya, anggota KPID Jatim periode sebelumnya  memang mencerminkan representasi dari kader ormas NU, Muhammadiyah, GMNI, HMI, akademisi, profesional dan awak media.

Namun komisi A DPRD Jatim bersikukuh membantah adanya calon titipan tersebut. "Seleksi calon anggota KPID Jatim ini dilakukan secara profesional sehingga tak ada yang namanya calon titipan, silahkan lihat pengumumannya nanti. Kami ingin KPID Jatim mendatang lebih baik dari sebelumnya," dalih Bambang Yuwono wakil ketua Komisi A DPRD Jatim.

Berdasarkan data 18 orang calon anggota KPID Jatim periode 2016-2019 yang tersisa adalah A. Afif Amrullah, Agus Edi Winarto, Agus Sugiharto, Amalia Rosyadi Putri, Bashlul Hazami, Budiono, Eko Rinda Prasetiyadi, Gandi Wicaksono, Hasan Ali, Immanuel Yosua T, Iswanto, M Aliyullah Hadi, Malik Setyawan,                    Nur Elya Anggraini, Suprihatin, Witanto, Yasin Al Raviri dan Zulfery Yusal Koto.

"Dari 18 orang  calon anggota KPID Jatim periode 2016-2019, hanya ada satu calon incumbent, yaitu Eko Rinda Prasetiyadi sehingga praktis KPID Jatim ke depan akan diisi oleh orang-orang baru," pungkas politisi asal PDIP.

 

 

 

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved