Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

HSN Moment Wujudkan Kebersamaan Pertahankan NKRI

 
24 Oktober 2016

HSN Moment Wujudkan Kebersamaan Pertahankan NKRI

Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) merupakan momen bagus untuk mewujudkan kebersamaan dari segala komponen masyarakat untuk mempertahankan NKRI. Mengingat pasca orde baru, peran kyai dan santri dalam merebut, mengisi,dan mempertahankan kemerdekaan tidak dikaburkan lagi.

Ketua DPRD Jatim, Abdul Halim Iskandar, mengatakan, peran kyai dan santri dalam merebut kemerdekaan Republik Indonesia sebenarnya tidak butuh diakui oleh pemerintah. Mengingat kyai membuat fatwa resolusi jihad dilandasi keikhlasan bahwa cinta tanah air bagian dari iman.

"Kalau kemudian diakui oleh pemerintah adalah sebuah keniscayaan.Kyai itu iklas berlandaskan cinta tanah air bagian dari iman," ujar Halim, di Surabaya, Sabtu (22/10/2016).

Fakta sejarah bahwa NKRI tidak akan terwujud tanpa peran NU.Bahkan sebelum kemerdekaan Indonesia, dalam muktamar NU sudah menyebutkan bahwa Indonesia bukan darus islam atau negara islam,tetapi Indonesia adalah darus salam.

"Indonesia bukanlah darus islam. Karena kebhinekaan, maka Indonesia menjadi darus salam," tegasnya.

Resolusi jihad wajib masuk buku sejarah, karena sangat berkaitan perjalanan bangsa Indonesia dengan mewujudkan kemerdekaannya. Mengingat fatwa resolusi jihad dan peran santri sudah berpuluh tahun tidak diketahui oleh masyarakat.

           

 

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved