Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

4 Kabupaten Kota dan Pemprov Jatim Siap Jadi Operator Migas Blok Tuban

 
04 November 2016

4 Kabupaten Kota dan Pemprov Jatim Siap Jadi Operator Migas Blok Tuban

Gubernur Jawa Timur soekarwo bersama 4 Pemkab menggelar pertemuan sekaligus MOU terkait  Jatim siap menjadi operator minyak dan gas (Migas) dari blok Tuban, bahkan secepatnya akan ditindaklanjuti ke Menteri ESDM untuk menyatakan Jatim siap menjadi operator.

Gubernur melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama (MOU) antara Pemprov Jatim dengan Pemkab Bojonegoro, Tuban, Gresik dan Lamongan. MOU tersebut terkait rencana pengelolaan minyak dan gas bumi Blok Tuban di Gedung Negara Grahadi, Surabaya

Soekarwo, gubernur jatim, menyampaikan, kesiapan dan keseriusan Jatim untuk menjadi operator akan disampaikan langsung kepada Menteri ESDM dan SKK Migas, dan Pihaknya akan berupaya untuk dapat mengelola Blok Tuban ini sebagai operator dikarenakan Kontrak Kerja Sama (KKS) Joint Operating Body Pertamina Petrochina East Java (JOB-PPEJ) akan berakhir pada 28 Februari 2018.

Sementara itu Suyoto, menambahkan, nota kesepahaman ini akan ditindaklanjuti dengan perjanjian kerjasama antara lima BUMD yang akan berperan dalam menyusun kajian keekonomian Blok Tuban yang dilakukan oleh konsultan independen, Hasil dari kajian keekonomian tersebut akan menjadi dasar pembagian hak dan kewajiban masing-masing daerah dalam pengelolaan Blok Tuban.

"MOU Pemprov dengan 4 Bupati yang berada di wilayah Blok Tuban ini adalah lompatan yang luar biasa dalam mengelola migas untuk menyejahterakan masyarakat, bahkan 5 pemerintahan ini siap mengeluarkan anggaran untuk mengelola potensi migas tersebut, saat ini diperkirakan dibutuhkan anggaran yang dibutuhkan antara Rp 2 sampai Rp 3 triliun.

Sementara itu Renvile Antonio, wakil ketua komisi C DPRD jatim, menutururkan, apapun langkah Pemprov jatim yang tujuannya Mensejahterakan rakyat jatim, seperti MOU ini, dewan pasti mendukung sepenuhnya, yang pasti langkah-langkah strategis memang harus dilakukan untuk menjadikan Jawa timur semakin besar dan ekonominya pun terus meningkat dengan begitu kesejahteraan maayarakat jatim pun ikut terdongkrak.

 

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved