Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Banggar Dukung Usulan Komisi Kepada Pemprov Jatim

 
08 November 2016

Banggar Dukung Usulan Komisi Kepada Pemprov Jatim

Menanggapi laporan komisi pada sidang paripurna sebelumnya, 2 November atas rancangan peratruan daerah (raperda) Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2017. Badan Anggaran (Banggar) DPRD Jatim mendukung usulan komisi kepada Pemerintah Provinsi Jatim.

Juru Bicara Badan Anggaran DPRD Jatim Hasan Irsyad mengatakan, atas laporan komisi beberapa waktu lalau. Pihaknya mengapresiasi dan memberikan tanggapan terhadap hal tersebut. Diantaranya, pada komisi A, Badan Anggaran mendukung penuh atas usulan untuk adanya satu badan kordinasi wilayah di bagian Timur. Dan meminta untuk mengeebut raperda tentang hal tersebut paling lama Desember 2016.

“Untuk komisi B, kami mendukung diberikannya kredit dari Bank UMKM terhadap para petani. Oleh karena itu, diharapkan Bank UMKM melakukan kordinasi dengan Dinas Pertanian. Hal ini demi terwujudnya gagasan gubernur tentang Provinsi Jatim menjadi industri berbasis UMKM,” ujar Hasan Irsyad.

Sedangkan bagi komisi c, pihaknya mendukung atas bertambahnya anggaran pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB) dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2017. Yaitu sebesar Rp 50 miliiar. Dimana pada tahun sebelumnya sektor ini Rp 1,9 trilliun menjadi Rp 1,95 triliiun. “Hal ini mengingat pada tahun depan kemungkinan semakin bertambahnya jumlah kendaraan bermotor,” ungkapnya.

Selain keduanya, Badan Anggaran juga menyetujui atas usulan Komisi D terkait satuan kerja perangkat daerah (SKPD) untuk menjadi lebih menghasilkan. Salah satunya dengan mendorong Dinas Lingkungan Hidup mendirikan pengolahan limbah (bahan berbahaya dan beracun). “Pemerintah Provinsi disarankan segera mengkaji dan mempersiapkan sarana serta prasarana industri pengolahan limbah B3,” tuturnya.

Serta di Komisi E, Badan Anggaran juga mendukung atas adanya standard operasional disetiap rumah sakit milik Pemprov Jatim. Ini dilakukan guna meningkatkan kualitas pelayanan publik, terlebih dibidang penanganan kesehatan.

Dalam sidang paripurna, Hasan Irsyad juga memberian beberapa saran kepada Pemprov Jatim. Seperti, menyarankan kepada Pemprov supaya memperhatikan sektor pendapatan daerah dari pajak. Salah satunnya dengan memberi perhatian pada regulasi dan sarana prasana. Kemudian disektor pembiayaan, diharapkan ada peningkatan belanja produktif dan prioritas.

“Badan anggaran mendukung seluruh catatan yang diberikan oleh komisi-komisi untuk meningkatkan kinerja SKPD,” tandasnya

 

 

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved