Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

RAPBD jatim naik Rp 4,2 triliun

 
08 November 2016

RAPBD jatim naik Rp 4,2 triliun

Hasil pembahasan di tingkat komisi dan Banggar terkait RAPBD jatim 2017 menghasilkan angin segar, RAPBD jatim 2017 yang di nota keuangan gubernur hanya mampu pada angka Rp 23,5 triliun, kini menjadi Rp 27,8 triliun, terdapat peningkatan Rp 4,2 triliun.

Rapat paripurna dengan agenda laporan Banggar terkait RAPBD jatim 2017 diketahui adanya peningkatan kekuatan RAPBD jatim 2017. Malik Effendy, anggota Banggar DPRD jatim, menuturkan dari hasil pembahasan di tingkat komisi dan Banggar terutama dalam mengoptimalkan pendapatan, sekaligus desakan ke Pemerintah pusat akhirnya membuahkan hasil terdapat pencairan anggaran yang tertunda dari Pemerintah pusat yang RAPBD jatim 2017 ini bisa cair.

"Di nota keuangan gubernur jatim RAPBD jatim 2017 hanya mampu di angka Rp 23,5 triliun, kini menjadi Rp 27,8 triliun, terdapat peningkatan Rp 4,2 triliun yang didapat dari dari DAU (dana Alokasi umum) sebesar Rp 1,8 triliun, DAK (dana Alokasi khusus) Rp 200 miliar dan dana bagi hasil Rp 2,2 triliun," papar Politisi yang juga ketua fraksi PAN DPRD jatim ini.

Malik memastikan dana dari Pemerintah pusat itu kemungkinan akan cair pada Desember 2016, sehingga bisa direalisasikan dalam pengunaan anggaran di 2017, tapi anggaran tersebut tidak bisa di plot untuk penambahan anggaran di SKPD, karena plot dari dana tersebut sudah jelas yaitu diprioritaskan untuk peralihan wewenang SMA/SMK sekaligus untuk kebutuhan mendesak.

Sementara itu gubernur jatim soekarwo, menambahkan penambahan pendapatan di RAPBD jatim 2017 itu tidak bisa di otak-Atik untuk ditambahkan ke SKPD karena peruntukannya sudah jelas sebesar Rp 3,8 triliun Diprioritaskan untuk pengalihan wewenang SMA/SMK mulai dari gaji guru PNS sampai biaya operasional SMA/SMK se-Jatim dan 300 miliar sisanya untuk kebutuhan mendesak, diantaranya pengadaan pompa di sampang, pengadaan tanah untuk limba b3 dan kebutuhan mendesak lainnya.

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved