Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Banyak Peran Kyai Rebut Kemerdekaan Belum Diakui Pemerintah

 
14 November 2016

Banyak Peran Kyai Rebut Kemerdekaan Belum Diakui Pemerintah

Upaya merebut kemerdekaan Negara Indonesia dari tangan penjajah tidak lepas dari peran kyai. Namun hingga saat ini masih banyak peran kyai dalam mewujudkan NKRI ketika masa penjajahan yang belum diakui oleh pemerintah.

Anggota Komisi E DPRD Jatim, Mochamad Eksan mengatakan, masih ada 163 kyai yang belum mendapatkan pengakuan dari pemerintah atas jasa-jasanya mengusir penjajah dari muka bumi Indonesia.

pasca ditetapkannya tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional (HSN) secara pelan-pelan pemerintah mengakui peran santri dalam merebut, dan mewujudkan kemerdekaan. Dengan pengakuan tersebut, satu persatu kyai di beri gelar pahlawan nasional.

"Pada 9 November kemarin, pemerintah memberi gelar pahlawan kepada KH As'ad Syamsul Arifin. Ini langkah awal bahwa peran kyai mulai diakui negara sehingga masyarakat mengetahui sejarah sesungguhnya," ujar Eksan, dikonfirmasi.

Meski belum pernah bertatap muka secara langsung kepada kyai As'ad, Eksan mengaku bahwa kyai As'ad ikut perang fisik dengan bergabung pasukan hisbullah. Dalam perang 10 November 1945, pengasuh Ponpes Salafiyah Syafi'iyah, Situbondo tersebut mengirim 100 santrinya.

"Meski saya tidak kenal dan pernah ketemu. Melalui buku dan media, kyai As'ad ikut peran aktif dalam membela kedaulatan negara," katanya.

Diberinya gelar pahlawan kepada kyai As'ad, maka digelar napak tilas dari Ponpes Raudlatul Ulum, Sumberwringin sampai Garahan, Jember untuk mengusir Jepang.Dengan negoisasi dan supranatural kyai As'ad, Jepang akhirnya mau meninggalkan Garahan yang merupakan markas penjajah tersebut. 

Dengan adanya sejarah baru terhadap peran kyai, dapat dijadikan inspiratif leader. Kemerdekaan bukan berarti tidak berkarya lagi, tetapi harus merawat, mengisi, dan memajukan pembangunan bangsa. Generasi muda harus dapat berkiprah dari berbagai sisi demi kemajuan bangsa.

 

 

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved