Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Gubernur Lakukan Kajian Terhadap Dinas Yang DI-BLUD-kan

 
09 Desember 2016

Gubernur Lakukan Kajian Terhadap Dinas Yang DI-BLUD-kan

Untuk meringankan beban APBD Jawa Timur, Gubernur Jatim Soekarwo telah memilah-milah beberapa dinas yang akan dijadikan badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Proses saat ini masih dalam kajian tim dan dipastikan awal 2017 sudah bisa dilauncing.” Ini tengah dalam kajian dipastikan awal 2017 sudah bisa bekerja. Yang pasti saat ini masih dalam kajian tim. Dan di harapkan dalam upaya ini dapat meringankan beban APBD jatim,” tegas Mantan Sekdaprov Jatim ini, kamis(8/12).

Ditambahkan Pak De Karwo panggilan akrab Soekarwo untuk saat ini selain Badiklat juga Diklat yang ada di Disnaker serta dinas pertantan terkait benih.” Ini semua berpeluang untuk di BLUD kan. Dengan begitu APBD jatim semakin ringan,”paparnya.

Terpisah, Anggota Fraksi Partai Democrat DPRD Jatim, Agus Donowibawanto menegaskan kesulitan keuangan pemerintah provinsi jatim harus mulai dipikirkan jalan keluarnya.oleh karena itu, pihaknya mengusulkan agar UPT penghasil dijadikan BLUD.” Seperti halnya rumah sakit, kami berharap UPT yang bisa mendatangkan  PAD dijadikan BLUD, ujar Agus Dono.

Ditambahkannya, dengan begitu, APBD jatim tidak akan terbebani. Di samping itu, beralihnya status menjadi BLUD ini, maka UPT bisa semakin baik lagi dari segi pelayanan.

Politisi asal Partai Democrat ini mencontohkan, SKPD dan UPT yang bisa dijadikan BLUD adalah Dinas Perindustrian dan Badan Diklat. Menurutnya, potensi yang ada di badan Diklat jatim sangat besar. Sementara yang ada saat ini, minim sekali pemasukkanya untuk Pemprov Jatim. Padahal dana APBD yang di alokasikan untuk badan Diklat ini sangat besar.” Selama ini kami mensupport dana sangat besar untuk BADIKLAT dari APBD jatim, namun PAD yang didapat sangat minim. Karenanya kita mendorong agar PAD yang didapatkan bisa maksimal,”lanjutnya.

Wakil Ketua Komisi E DPRD Jatim, Suli Da’im menambahkan, ada banyak UPT yang seharusnya bisa dialihkan menjadi BLUD. Dia mencontohkan, Pada UPT badan latihan kerja (BLK) di Disankertransduk Jatim juga bisa dijadikan BLUD. Dimana kualitas lulusanya sangat mampu bersaing.

“ termasuk juga untuk Dinas Perikanan, Dinas Perkebunan, Dan Dinas Pertanian, sangat mampu untuk dijadikan UPT ke BLUD. Untuk itu, pemprov jatim diharapkan bisa mengubah hal tersebut,” kata Suli Da’im.

 

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved