Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Jelang 2,5 tahun, Fraksi Siapkan Rolling Anggota Dewan

 
17 Januari 2017

Jelang 2,5 tahun, Fraksi Siapkan Rolling Anggota Dewan

Menjelang dilaksanakan kocok ulang setiap 2,5 tahun tepatnya Juli 2017 sejumlah Fraksi sudah membuat ancang-ancang untuk melakukan perombakan di tubuh setiap Fraksi. Dan yang tak kalah pentingnya dalam dilakukan rolling posisi Anggota Fraksi harus didasari dengan surat yang ditandatangani Pimpinan Dewan karena semuanya telah diatur dalam tatib Dewan.

Wakil Ketua DPRD Jatim, Achmad Iskandar menegaskan sesuai tatib Dewan, memang diatur dalam pergantian posisi setiaap Anggota Dewan dilakukan setiap 2,5 tahun sekali. Hal ini merupakan hak Fraksi sebagai kepanjangtanganan partai.

"Jadi kami Pimpinan Dewan tidak berhak melakukan intervensi. Dimana kocok ulang merupakan hak partai setelah menilai kinerja setiap kadernya di Dewan. Sementara Pimpinan hanya mengajukan usulan agar pergantian posisi diumumkan dan disahkan lewat Rapat Paripurna,"tegas politik asal Partai Demokrat.

Ditambahkannya, dalam masalah kocok ulang tidak ada intervensi dari Pimpinan. Semua penuh wewenang dari masing-masing partai melalui Fraksi. Meski begitu ketika di Fraksi tidak ada perubahan atau rolling, maka Pimpinan Dewan tetap berkewajiban membuat surat perubahan atas rolling tersebut.

"Karena aturan di tatib Dewan mengatakan 2,5 tahun, maka otomatis Pimpinan Dewan harus mematuhinya. Sementara untuk rolling diserahkan penuh kepada setiap Fraksi. Namun jika dia tidak melakukannya tidak ada masalah,"tegas politisi asal Partai Demokrat.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Jatim, Tjutjuk Sunario menegaskan rolling posisi merupakan hak prerogatif setiap Fraksi. Namun sesuai auran hal tersebut dilakukan setiap 2,5 tahun sekali sesuai tatib Dewan. 

 "Jadi rolling posisi setiap anggota Dewan terserah Fraksi masing-masing, namun dibatasi hanya 2,5 tahun saja,"papar politisi asal Partai Gerindra Jatim.

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved