Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Anggaran Pilgub Jatim Kurang Rp 500 M

 
07 Februari 2017

Anggaran Pilgub Jatim Kurang Rp 500 M

Kendati Pilgub Jatim berlangsung tahun depan, tapi masalah anggaran sudah dibahas sekarang. Maklum, anggaran yang dibutuhkan sangat besar, Rp 1,1 Triliun. Karena dana yang dibutuhkan sangat besar, maka anggarannya harus multiyears. Tak bisa dalam satu tahun anggaran.

Pada tahun 2015, sudah dianggarkan Rp 250 miliar. Tahun berikutnya, dianggarkan Rp. 300 Miliar. Dan pada tahun ini, dianggarkan sekitar Rp. 300 Miliar. Sisanya, pada tahun 2018 atau saat pelaksanaan. Jika ditotal, saat ini masih kurang sekitar Rp. 500 Miliar. 

Ketua Komisi A Freddy Peornomo mengatakan, kebutuhan anggaran Pilgub Jatim masih terus disupot APBD Jatim secara Multiyear. “Dalam setiap tahun APBD, Jatim menganggarkan antara Rp. 250 Miliar hingga Rp 300 Miliar,” terang Freddy.

Politisi Partai Golkar ini menambahkan, dirinya yakin pelaksanaan Pilgub Jatim nantinya tidak kekurangan anggaran. Meski anggaran yang disediakan sangat besar, namun Jawa Timur memiliki pola mengumpulkan dana untuk memiliki Pemimpin Jawa Timur itu. “Perkiraan pelaksanaan Pilgub di bulan Juli 2018,” tandas dia.

Terpisah Gubernur Jatim Soekarwo mengaku yakin kebutuhan anggaran segera terpenuhi. Keyakinan ini, disampaikan Soekarwo meski kondisi atau kemampuan anggaran APBD Jatim devisit. “Jawa Timur punya system atau cara, sehingga kebutuhan anggaran pilgub Rp. 1,1 triliun bisa terpenuhi,” urai dia.

Diakui Soekarwo, sampai saat ini anggaran Pilgub terkumpul Rp 600 Miliar. Dana tersebut berasal dari APBD Jatim tahun 2015 dan APBD Jatim tahun 2016. “Sisa kebutuhan anggaran akan dipersiapkan pada APBD tahun 2017 dan APBD tahun 2018. Sehingga semua kebutuhan anggaran bisa terpenuhi,” urai dia

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved