Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Kinerja Pansus RPJMD Dikebut

 
10 Februari 2017

Kinerja Pansus RPJMD Dikebut

Begitu disahkan Panitia Khusus (Pansus) RPJMD langsung bergerak menyelesaikan tugasnya, untuk menyesuaikan implementasi Undang-Undang Nomor 23/2014 tentang Pemerintah Daerah yang berdampak pada perubahan  kewenangan ditingkat Pusat, Provinsi, maupun Daerah.

Anggota Pansus RPJMD Renville Antonio mengatakan, langkah awal adalah meakukan penyusunan perencanaan pembangunan daerah. “Kita daftar inventarisir masalah dan  latar belakangnya. Seperti adanya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18/2016 tentang Perangkat Daerah  yang mengamanatkan Struktur Organisasi Perangkat Daerah,” terang Renville Antonio.

Renville yang juga Anggota Komisi C DPRD Jatim ini, menambahkan menjadi pertimbangan berubahnya Perangkat Daerah di Pemprov. Jatim. “Sebelumnya ada 71 Perangkat Daerah, menjadi 67 Perangkat Daerah. Ini mengakibatkan berubahnya program-program pembangunan dan indikator yang akan dilaksanakan perangkat daerah, sesuai kewenangan yang baru,” terang Renville.

Selain itu, Renville yang juga Sekretaris DPD Partai Demokrat Jatim ini, menegaskan secara kebijakan RPJMD tetap mengawal kepentingan pemerintahan Provinsi Jatim tahun 2014-2019. “Untuk itu, perlu dilakukan perubahan terhadap RPJMD Provinsi Jatim yang lebih realistis dan mampu menjawab persoalan dan isu strategis,” kata dia.

Menurut Renville, perencanaan pembangunan merupakan proses yang memiliki nilai strategis dalam pelaksanaan menejemen pembangunan. “Perencanaan pembangunan dilaksanakan melalui beberapa tahapan ditingkat pemerintah, mulai musrembang di tingkat Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten/Kota , Provinsi hingga puncaknya dalam Musrembang Nasional,” aku dia.

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved