Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

DPRD Jatim Minta Segera Lakukan Perubahan Perda yang Dicabut

 
22 Februari 2017

DPRD Jatim Minta Segera Lakukan Perubahan Perda yang Dicabut   

Mengenai pencabutan empat Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur, fraksi di DPRD Jatim memberikan pandangannya. Kendati demikian, beberapa Fraksi meminta agar segera dilakukan Perubahan Perda yang dicabut dan dibatalkan tersebut.

Juru Bicara Fraksi PPP H. Rofik mengatakan, perubahan empat perda Provinsi Jatim tersebut perlu mendapat tambahan penjelasan dari Bapperda. Diantaranya, bahwa pencabutan dijadikan satu, bertentangan dalam perundang-undangan. Dimana dalam aturan disebutkan harus dilakukan terhadap satu persatu Perda. “Untuk tiga Perda yang dicabut, sebaiknya segera dilakukan sesuai dengan Undang-undang yang ada,” ujar Rofik.

Sedangkan mengenai judul draft Raperda tentang Pencabutan empat Perda. Dimana dalam judul tersebut adalah Pencabutan 4 Perda Provinsi Jatim. “Seharusnya ini lebh spesifik lagi tentang apa Perda yang telah di cabut. Artinya harus sendiri-sendiri,” jelasnya.

Sementara itu, Juru Bicara Fraksi Partai Demokrat Hartoyo mengatakan, pencabutan oleh Menteri dalam Negeri terhadap empat Perda Provinsi Jatim ini harus segera dilakukan. Namun, dalam pencabutan tersebut, perlu pengkajian dan ditambahi mengenai tingkat efektivitasnya selama berlaku. “Itu sangat perlu untuk mengetahui efektif atau tidak Perda tersebut ketika dilapangan,” kata Hartoyo.

Masih menurut Hartoyo, hal tersebut penting dilakukan, mengingat hal tersebut bisa digunakan sebagai acuan sebelum membuat Perda yang sejenis. “Kami yakin, perda ini adalah produk karena adanya kebutuhan factual masyarakat di Jawa Timur. Oleh sebab itu, konstilasi yang menggambarkan tingkat keberlakuan keempat Perda yang dibatalkan dan dicabut ini dapat memperkaya langkah tindak kedepan,” urainya.

Ada empat perubahan perda yang dicabut dan diubah adalah, Peraturan daerah Provinsi Jatim Nomor 5 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Laboraturium Kemetrologian. Serta Perda Provinsi Jatim Nomor 3 tahun 2009 tentang Irigasi. Peraturan Provinsi Jatim Nomor 5 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Sumberdaya Air. Kemudian Perda Provinsi Jatim Nomor 12 tahun 2011 tentang Pengelolaan Air Tanah.

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved