Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Gubernur Siap Keluarkan Pergub Guna Perluas Tupoksi Bakorwil

 
02 Maret 2017

Gubernur Siap Keluarkan Pergub Guna Perluas Tupoksi Bakorwil

Gubernur Jatim, Soekarwo mengakui jika Kinerja Bakorwil masih dibatasi. Ini karena pelimpahan kewenangan terkait pendidikan SMA/SMK belum tuntas. Sementara nantinya Kinerja Bakorwil akan diperluas menjadi lima, diantaranya terkait pendidikan, pertambangan, kehutanan, tenaga kerja dan sosial.

‘’Yang pasti nantinya Kinerja Bakowil akan diperluas melalui Pergub. Namun kinerja mereka sebatas pengawasan. Karena berdirinya Bakorwil membantu koordinasi Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat di Daerah,’’tegas Pakde Karwo—panggilan akrab Soekarwo, usai rapat Paripurna Senin (27/2).

Seperti diketahui, Wakil Ketua Pansus RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah), Yusuf Rohana mengaku ada keganjilan yang ada di Bakorwil seharusnya ada penambahan Tupoksi. Mengingat adanya tambahan Bakorwil dari yang empat menjadi lima semata-mata untuk meringankan Kinerja Gubernur sebagai kepanjangtanganan Pemerintah Pusat didaerah.

"Dimana dari hasil diskusi, teman-teman minta ada penambahan empat Tupoksi. Pertama terkait koodinasi dan evaluasi penambangan galin C, monitoring dana hibah dan dana desa, pengecekan penentuan lokasi (panlok) bagi pengusaha yang akan mendirikan gedung atau perkantoran agar jangan menabrak RTRD serta mengevaluasi Perda Daerah jangan sampai menabrak aturan yang diatasnya,"papar Anggota Komisi B DPRD Jatim ini.

Untuk itu, pihaknya mendesak Gubernur agar mengeluarkan Pergub guna menguatkan Tupoksi Bakorwil yang kini berganti nama Bappeprov.

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved