Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

DPRD Minta SE Gubernur Diganti Pergub Atau SK, Agar Regulasi Biaya Pendidikan Tidak Timbulkan Pungli

 
10 Maret 2017

DPRD Minta SE Gubernur Diganti Pergub Atau SKAgar Regulasi Biaya Pendidikan Tidak Timbulkan Pungli

Permasalahan pendidikan SMA/SMK masih menjadi bahasan panas di kalangan Dewan, utamanya terkait besaran SPP yang memungkinkan timbulnya pungutan liar (pungli) di Sekolah-Sekolah. Untuk itu, Dewan Jatim mendorong Gubernur untuk segera bersikap.

DPRD Jatim meminta Gubernur Jatim, Soekarwo mengubah Surat Edaran No. 401/2017 tentang besaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) SMA/SMK di Jawa Timur diubah menjadi Surat Keputusan (Sk) atau Peraturan Gubernur (Pergub). Pasalnya, SE hanya bersifat imbauan bukan regulasi sehingga tidak mengikat.

“Kalau bisa SK/Pergub itu juga mengatur mekanismenya juga supaya tidak menimbulkan pungutan liar (pungli), sekaligus melindungi Kepala Sekolah akibat adanya ketidakpastian mekanisme,” ujar Wakil Ketua DPRD Jatim, Kusnadi.

Politisi asal PDIP mencontohkan mekanisme pembayaran SPP bisa melalui Bank, sehingga pihak Sekolah tinggal mempertanggungjawabkan penggunaanya kepada Komite Sekolah.” Sistem pembayaran SPP lewat Bank yang digagas Dinas Pendidikan Jatim itu sudah bagus, tinggal sosialisasinya saja di perluas,” terang Kusnadi.

Ia juga mendukung upaya Kandidik Jatim, Saiful Rahman yang meminta kepada Tim Saber, Pungli Polres Jember melepaskan Kepada Sekolah dan dua Wakil Kepala Sekolah SMKN 8 Jember yang kena Operasi Tangkap Tangan (OTT) karena diduga melakukan pungli untuk biaya sumbangan menghadapi Ujian Nasional.

“Penarikan sumbangan itu sudah diputuskan oleh Kepala Sekolah bersama komite sekolah, tinggal persetujuan dari Kandidik Jatim yang belum turun tapi mereka sudah mengajukan, saya kira wajar kalau mereka harus dilepaskan karena itu hanya menyangkut birokrasi administrasi saja,” tegas Ketua DPD PDIP Jatim.

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved