Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Pansus RPJMD Jatim Desak Untuk Pelebaran 5 Kab Dan 5 Kota

 
17 Maret 2017

Pansus RPJMD Jatim Desak Untuk Pelebaran 5 Kab Dan 5 Kota

Pansus (RPJMD) Jatim mendorong lima  Kabupaten dan lima Kota di Jawa Timur untuk melakukan pelebaran disebabkan jumlah penduduk di lima Kab dan lima Kota di Jawa Timur sudah terlalu padat penduduk, sehingga tidak sebanding dengan sumber daya yang dimiliki akibatnya Program Pengentasan Kemiskinan di Jawa Timur menjadi terhambat.

Lima Kabupaten yang kami ajukan segera melakukan pelebaran/pemekaran adalah Kab Malang, Jember, Sidoarjo, Bojonegoro dan Sumenep. Sedangkan di tingkat Kota yaitu Kota Kediri, Blitar, Mojokerto, Madiun dan Batu," ujar  Ketua Pansus RPJMD Jatim, Sahat Tua P Simanjuntak yang notabene dari Politisi partai Golkar tersebut.

Menurut Anggota DPRD Jatim tersebut, untuk kesepuluh Daerah itu dinilai sudah tidak sesuai dengan ketentuan Pasal 35 UU No.23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, karena beban tugas, jumlah penduduk dan luas wilayah administrasi sudah terlalu berat, ini bisa menghambat pelayanan dasar masyarakat.

Tujuan pelebaran/pemekaran ini adalah ingin juga lebih bisa mendekatkan Pemerintah dengan rakyat dalam memberikan pelayanan masyarakat, sehingga bisa mempertimbangkan lainnya juga.

Untuk pencapaian pembangunan khususnya pengentasan kemiskinan di Jawa Timur yang sudah disusun dalam RPJMD Jatim. Sehingga faktor-faktor yang menjadi penghambat perlu segera diurai.

Agar Penurunan Kemiskinan di Jawa Timur terhitung per/bulan Maret-September 2015 hanya sebesar 0,27%. Sedangkan pada tahun 2016, angka kemiskinan masih berkisar 11,85% atau sekitar 4.638.530 orang. Padahal target RPJMD 2017-2019 adalah 11,80-11,50%, 11,50-11,20% dan 11,20-10,90%. Kalau faktor penghambat tidak segera diatasi, saya rasa sulit target  RPJMD Jatim tercapai. 

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved