Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Warga Keluhkan Pupuk Bersubsidi dari Pemerintah

 
28 Maret 2013

Suara Indrapura : Minimnya distribusi pupuk bersubsidi dari pemerintah sangat dikeluhkan oleh awarga di Desa Kanjuruhan Tuban. Mereka berharap pemerintah menambah distribusi sehingga mereka tidak lagi kesulitan mendapatkan pupuk. Bagi mereka pupuk sangatlah berharga untuk menunjang produksi pertanian yang rata-rata mereka menanam tanaman hortikultura seperti bawang.

Anggota Komisi E DPRD Jatim, Fuad Mahsyuni mengaku dalam reses lalu, banyak masyarakat mengeluhkan soal sedikitnya pupuk bersubsidi yang diberikan kepada petani. Mengingat pupuk tersebut sangat penting bagi mereka untuk menekan ongkos tanam. ‘’Mereka minta kepada petani agar menambah jumlah pupuk bersubsidi,’’tegas politisi asal PKB Jatim ini.

Selain soal pupuk, para nelayan di wilayah Tuban juga mengeluhkan pinjaman di bank. Mengingat perahu maupun mesin yang dimilikinya ditolak oleh bank untuk barang agunan. Ini karena kapal yang merupakan harta satu-satunya milik nelayan berpeluang hilang, rusak atau tenggelam. ‘’Mereka mengaku kesulitan mendapatkan pinjaman dari bank karena persoalan agunan,’’tegas Fuad.

Untuk itulah, pihaknya meminta Dinas Perikanan untuk memberikan pinjaman kepada mereka dalam kredit lunak. ‘’Dan alhamdullilah pihak Dinas Perikanan setuju untuk segera memberikan pinjaman kepada para nelayan yang jumlahnya ratusan tersebut,’’tambah pria asli Bawean Jatim ini.

Sementara di Bojonegoro, disana masyarakat banyak membutuhkan pompa air yang dipergunakan untuk mengairi sawah. Pasalnya, posisi sawah mereka banyak yang diatas aliran sungai. Untuk menyedot air dari bawah ke atas dibutuhkan pompa air. Sementara disatu sisi, sepertinya pemerintah belum banyak memperhatikan masalah ini. ‘’Makanya saat saya turun reses disana hampir semua dari mereka meminta dibelikan pompa air. Dengan adanya pompa air ini diharapkan hasil panen mereka bisa maksimal,’’tandasnya.

Sedang untuk peternakan tidak ada masalah. Kini rumput mereka banyak tumbuh subur dan dapat dijadikan pakan bagi ternak mereka. Kini mereka sangat senang karena mendapatkan tambahan uang dari hasil beternak sapi. Baik dari susu sapimapun daging sapi. ‘’Yang jelas untuk masalah peternakan tidak ada masalah karena musim ini banyak rumput yang tumbuh subur,’’lanjutnya.(Noni)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved