Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Komisi A Tengah Susun Legal Opinion untuk Aset Pemkot Surabaya

 
17 April 2017

Komisi A Tengah Susun Legal  Opinion untuk Aset Pemkot Surabaya

Komisi A DPRD Jatim tengah menyusun legal opinion terhadap beberapa aset daerah di Kota Surabaya yang terancam hilang. Langkah itu dilakukan setelah Pemkot melayangkan surat permohonan telaah hukum ke Pimpinan Dewan.

Ketua Komisi A DPRD Jatim, Freddy Poernomo menegaskan dari hasil legal opinion tersebut nantinya bakal menjadi salah satu bahan yang bakal dipakai untuk penyelematan aset yang terancam raib tersebut. 

"Sudah hampir tuntas. Setelah ini, kita ajukan ke Pimpinan untuk dikirim ke Pemkot sebagai dasar rujukan,” kata Politisi asal Partai Golkar ini.

Meski belum tuntas 100 persen, tegasnya dari hasil kajian awal yang sudah dilakukan Komisi A, ada sejumlah temuan yang muncul. Salah satunya adalah dasar hukum sejumlah hasil Putusan Sengketa Aset dengan antara Pemkot dan pihak ketiga. Versi komisi A, pemkot sejatinya tidak pantas kalah dalam sejumlah sengketa  sejumlah aset tersebut. "Sebab, secara faktual, sebenarnya aset-aset itu adalah aset daerah,” kata Freddy.

Selain itu, temuan lain yang tengah dikaji dewan adalah perubahan status kepemilikan sejumlah aset milik Pemkot. ”Tdak mudah mengubah status aset milik daerah,” katanya.

Saat ini, sejumlah aset milik Pemkot tengah bermasalah hingga terancam lepas. Di antaranya adalah Gelora Pancasila, aset PDAM di Jalan Basuki Rahmat-Jalan Prof Dr Moestopo, aset di Jalan Upa Jiwa, aset PT Star, hingga kolam renang Brantas

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved