Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Komisi E DPRD Jatim Akan Evaluasi UNBK

 
17 April 2017

Komisi E DPRD Jatim Akan Evaluasi UNBK

Meski Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ini bisa dikatakan sukses, tetapi DPRD Jatim tetap akan melakukan evaluasi. Hal ini guna menjaga kualitas pendidikan kedepannya.

Wakil Ketua Komisi E DPRD Jatim Suli Da’im mengatakan, tetap akan melakukan evaluasi kepada Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim setelah seluruh rangkaian UNBK selesai. Pihaknya ingin tahu proses ujian, kendala dan permasalahannya seperti apa. 

"Pasti ada hearing nanti dengan Dindik Jatim. Perlu itu dilakukan guna mencari informasi bagaimana selama pelaksanaan UNBK, baik itu SMK maupun SMA beberapa pekan lalu," ujar Suli Da’im.

Bagi Politisi asal PAN itu menilai, kendati sempat ada masalah di SMK 45 Surabaya. Dimana sempat terjadi down pada servernya. Sehingga harus menunda pelaksana UNBK selama satu sesi. Namun, dirinya tetap mengapresiasi kinerja Panitia lokal. Kesiapan dan problem sudah diantisipasi dengan baik. 

"Kesiapan dan problem sebenarnya sudah diantisipasi dengan baik. Kalau kita temukan masih adanya di lapangan, Saya kira ini diluar kalkulasi dan hitungan yg dilakukan oleh pihak penyelenggara," ujarnya.

Menurut Suli, yang terpenting dari UNBK bukanlah soal penentu kelulusan. Melainkan bagaimana menanamkan kejujuran kepada Siswa. "Ini kan sebenarnya menyederhanakan dari Ujian Nasional Berbasis Kertas. Meski harga pengadaan komputer lebih mahal. Tapi kan komputer itu memiliki jangka panjang. Juga bisa dimanfaatkan siswa lainnya," bebernya. 

Sementara itu, Ketua Komisi E DPRD Jatim dr. Agung Mulyono menambahkan, saat ini sudah sangat bagus pelaksanaan UNBK. Tapi tetap harus didorong kedepannya agar seluruh Sekolah bisa melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer. "Ini kan sudah 90 persen. Nanti sambil kami evaluasi dan cermati kemudian. Yang paling penting diperbaiki," kata dr. Agung.

Dia melanjutkan, jumlah Sekolah yang sudah mencapai 90 persen UNBK, harus terus dibenahi dan ditingkatkan. Begitu juga dengan ngadatnya server, dirinya ingin diminimalisir tahun depan. Sembari terus meningkatkan sekolah yang belum melaksanakan UNBK," tandasnya. 

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved