Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Dewan Tolak Pembuatan Pergub Perahu Tambang

 
18 April 2017

Dewan Tolak Pembuatan Pergub Perahu Tambang

Belum usai berita duka perahu tambang terbalik di Wringinanom Gresik, memantik perhatian Pemprov Jatim. Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf Karenanya pihaknya berharap ada Perda yang mengatur soal aktivitss Perahu Tambang namun ditolak oleh DPRD Jatim. Alasannya, karena hal itu tidaklah urgent, meski ada kaitannya untuk melindungi masyarakat yang menyeberang.

Anggota Komisi A DPRD Jatim H. Husnul Aqib mengaku prihatin dengan kedua peristiwa tersebut. Ia menilai perlu ada standar keamanan model transportasi perahu tambang agar kejadian serupa tidak terulang.

"Sepertinya memang perlu dibuat regulasi. Namun demikian perlu kajian mendalam lebih dulu. Jika menyangkut hajat hidup orang banyak memang harus diperjuangkan. Bentuk regulasinya bisa berupa Peraturan Gubernur, atau Peraturan di masing-masing Kabupaten Kota," papar Poltisi dari PAN ini.

Sementara itu, Ketua Bapperda DPRD Jatim, Achmad Heri menegaskan jika pembuatan Perda yang mengatur soal Perahu Tambang tidak terlalu mendesak. Pasalnya, hal itu adalah musibah akibat cuaca atau iklim yang ekstrim. Karenanya, hal itu cukup dibuatkan semacam peraturan biasa bukan Perda oleh Kab/Kota masing-masing.

‘’Karena peristiwanya hanya satu, maka cukup dibuat aturan oleh Kepala Daerah, tanpa harus Perda. Apalagi peristiwa tersebut baru terjadi ketika kondisi cuaca ekstrim seperti saat ini. Mengingat dalam pembuatan Perda harus ada uji publik juga dan menyangkut kepentingan orang banyak pula,’’tegas Politisi asal Partai Nasdem ini.

Seperti diketahui, terkait insiden ini Saifullah Yusuf (Gus Ipul) minta seluruh aktivitas perahu tambang tradisional dihentikan sementara. Apalagi saat ini cuaca sedang tidak menentu, arus sungai juga cukup deras.

"Saya mohon dihentikan sementara karena membahayakan. Sambil jalan saya akan bicara dengan Bupati Gresik dan Sidoarjo untuk bikin standar keamanan operasional perahu tambang ini," kata Gus Ipul, panggilan akrab Saifullah Yusuf.

Pemerintah, kata Gus Ipul, menyadari pentingnya perahu tambang ini. Apalagi mayoritas aktivitas perahu tambang bahkan telah ada sejak sebelum kemerdekaan.

"Kami menyadari ini alat penyeberangan yang dianggap murah efektif cepat karena Pemerintah belum mampu menyediakan," kata Gus Ipul.

Meski begitu, ia berharap semua pihak tidak ambil risiko. Para calon penumpang juga jangan ambil risiko. "Prinsipnya kami segera duduk bersama dengan Bupati Sidoarjo dan Gresik. Akan kita rumuskan standar keamanannya seperti apa. Mungkin nanti bisa diperdakan," tegas dia.

 

 

 

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved