Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Fraksi PKS: Menjadi Langkah Positif

 
20 April 2017

Fraksi PKS:  Menjadi Langkah Positif

Pembatalan sejumlah Perda bermasalah atau invalid, diharapkan Fraksi PKS menjadi langkah positif Pemerintah Daerah bersama DPRD Jatim, dalam melakukan evaluasi atau korktif terhadap produk hukum daerah yang bermasalah. Karena itu, kedepan langkah korktif dan evaluasi  melalui kajian ilmia, perlu dilakukan secara pereodik, sehingga perlu dilakukan perubahan.

“Sehingga Perda yang berlaku dipastikan masih valid, baik secara yuridis atau sosiologis,” terang anggota Fraksi PKS Ahmad Siroj.

Namun demikian, dia mendorong DPRD dan Pemprov melakukan kritik kebijakan dan langkah yuridis dari Kemendagri, yang melakukan pembatalan terhadap Produk Hukum Daerah yang bermasalah. “Fraksi PKS berpendapat bahwa satu sisi diakui munculnya Perda bermasalah, yang kemudian direkomendasi untuk dicabut atau dibatalkan, bisa bersumber dari Daerah. Namun, kurang proporsional jika kesalahan ditumpahkan sepenuhnya kepada Daerah. Karena Pemerintah Pusat mempunyai andil cukup besar dalam melahirkan Produk Daerah yang bermasalah,” tandas Siroj.

Sesuai ketentuan, sebelum ditetapkan menjadi Peraturan Daerah, Rancangan Peraturan Daerah harus melalui Mendagri untuk dievaluasi. “Dan jika Kemendagri menyetujui dan mengesahkan, berarti Perda tersbeut tidak bermasalah. Jika dikemudian hari ada Pencabutan Perda, maka Kemendagri harus ikut bertanggungjawab,” kata Mantan aktivis PMII ini serius. 

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved