Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Penambahan Kursi Legislatif Bisa Ratakan Pembangunan

 
21 April 2017

Penambahan Kursi Legislatif Bisa Ratakan Pembangunan

Penambahan kursi Legislatif tingkat satu mendapat tanggapan positif dari Pimpinan DPRD Jatim. Dengan hal tersebut, maka diharapkan bisa semakin banyak wakil rakyat untuk memeratakan pembangunan di Jawa Timur.

Wakil Ketua DPRD Jatim Achmad Iskandar mengapresiasi upaya Panitia Khusus Rancangan Undang-undang (Pansus RUU) Pemilu terkait perubahan kursi di DPRD Jatim. Dimana akan ada penambahan 20 kursi atau 20 persen dari total 100 kursi yang ada saat ini. Keputusan tersebut dianggapnya sudah sesuai karena telah dihitung berdasarkan jumlah penduduk.

"Apa yang diputuskan ini adil," kata Iskandar, dia melanjutkan. bertambahnya jatah kursi tersebut berarti memunculkan nama-nama baru Anggota Dewan. Diharapkan, penambahan itu bisa semakin baik dalam menyerap aspirasi warga di daerah. Mengingat luas wilayah dan jumlah masyarakat yang cukup banyak di Jawa Timur.

Menurutnya dengan adanya penambahan itu otomatis akan semakin banyak wakil rakyat yang duduk di Legislatif, sehingga kepentingan masyarakat bisa tertampung seluruhnya. "Artinya penambahan jumlah kursi telah disesuaikan," beber Politisi Partai Demokrat tersebut. Pansus RUU terus menggodok agar jumlah kursi di Legislatif bisa terus disesuaikan berdasarkan jumlah penduduk.Yang mana Provinsi dengan jumlah diatas 20 juta, Anggota Dewannya sebanyak 120 kursi.

"Pastinya dalam pembahasan Pansus RUU Pemilu bakal kami perjuangkan supaya Jawa Timur bisa bertambah dari 100 kursi, menjadi 120 kursi. Ini disesuaikan dengan jumlah penduduk didaerah," kata Wakil Ketua Komisi II DPR RI Fandy Utomo. Sedangkan Kabupaten / Kota yang memiliki jumlah penduduk diatas 2 juta. juga akan mendapat tambahan kursi.

Dari sebelumnya 50 kursi, bertambah menjadi 55 kursi. Ini berarti kursi DPRD Surabaya Ikut bertambah. Fandi Utomo menilai, penambahan jumlah kursi tersebut cukup adil mengingat beberapa daerah di Jatim memiliki penduduk diatas 2 juta.

 

 

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved