Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Paripurna Hari ini Dipastikan Hanya Mengumumkan Pergantian Ketua Fraksi

 
27 April 2017

Paripurna Hari ini Dipastikan Hanya Mengumumkan Pergantian Ketua Fraksi

Rencana Pimpinan Dewan menggelar Rapat Paripurna dengan agenda pergantian Ketua Fraksi dan Alat Kelengkapan Dewan hari ini (Jum’at 28/4) ditenggarai batal. Pasalnya, di dalam Fraksi sendiri banyak terjadi friksi-friksi yang memungkinkan pengesahannya molor.

Sumber resmi di DPRD Jatim mengaku saat ini masih ada tarik ulur terkait kocok ulang, khususnya Alat Kelengkapan Dewan. Kemungkinan Paripurna yang rencananya digelar hari ini hanya sebatas mengumumkan pergantian Ketua Fraksi.

"Saya melihat untuk pergantian Ketua Fraksi sudah selesai, kini tinggal pergantian diposisi alat kelengkapan dewan yang banyak diwarnai friksi-friksi dan tarik ulur,"jelasnya, Kamis (27/4).

Adapun yang mengalami pergantian Fraksi ada tiga, yaitu masing-masing Fraksi Partai Demokrat, Fraksi Partai Gerindra dan Fraksi PAN. Dimana untuk Fraksi Partai Demokrat yang semula Agus Dono Wibawanto, Fraksi Partai Gerindra dari Abdul Halim diganti Hadinuddin dan FPAN dari Malik Effendi diganti Agus Maimun.

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Jatim, Tjutjuk Sunario menegaskan jika pergantian baik Ketua Fraksi maupun Alat Kelengkapan Dewan sah-sah saja dan menjadi hak Prerogatif Partai. Namun demikian setiap pergantian harus memenuhi syarat yang disesuaikan dengan tata tertib (tatib) Dewan.

"Bisa saja paripurna besok hanya mengumumkan pergantian Ketua Fraksi aaja, sedang untuk kelengkapan dewan pergantiannya diserahkan kepada Ketua Fraksi yang baru yang pasti pergantian ini murni hak prerogatif masing-masing partai yang ada di Sewan,"tegaa Politikus dari Partai Gerindra ini.

Bahkan Tjutjuk mengakui jika untuk Ketua Fraksi yang berubah ada di FPD, F Partai Gerindra serta FPAN. Tapi tidak menutup kemungkinan dari fraksi lain. "Yang jelas ketika ada surat resmi dari partai dan itu sudah sesuai dengan mekanisme yang ada.Maka sebagai pimpinan dewan, kami hanya menindaklanjuti saja,"tambahnya 

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved