Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Perjuangkan Petani, Pengrajin, Nelayan dan Kopwan

 
28 Maret 2013

Suara Indrapura : Kiprah anggota Komisi D DPRD Jatim Agus Maimun, SE selama ini memang tidak diragukan lagi di dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat. Tidak sedikit dari keluhan masyarakat, khususnya dari konstituennya sendiri di daerah pemilihan IX (Tuban-Bojonegoro) berhasil diperjuangkan di tingkat provinsi sehingga menjadi kebijakan. “Bagi saya, menjadi dewan itu amanah. Karena itu,  kepentingan masyarakat harus didahulukan,” tegas Agus Maimun yang juga Sekretaris F-PAN DPRD Jatim ini, kemarin.

Komitmen Agus Maimun dalam memperjuangkan kepentingan rakyat memang terlihat selama ini. Tak heran bila politisi asal Tuban yang dipercaya sebagai Sekretaris Karang Taruna Jatim ini banyak terlibat dalam kegiatan-kegiatan penting menyangkut kepentingan masyarakat banyak. Bahkan,pemuda cerdas yang penuh ide-ide brilian ini juga aktif blusukan ke sejumlah desa untuk mendengarkan keluhan dan rintihan masyarakat di bawah.

Pada reses beberapa bulan misalnya, Agus blusukan dari kampung ke kampung di daerah Tuban dan Bojonegoro. Ia mencoba menemui konstituennya untuk mendengarkan aspirasi mereka, mulai dari rakyat jelata hingga perangkat, termasuk para kepala desa. Di Desa Sidomukti Kec. Kanjuruhan Tuban misalnya, Agus dan rombongannya dikeluhi masyarakat, termasuk perangkat desa yang menginginkan diangkat menjadi PNS. Juga keluhan soal macetnya anggaran untuk Koperasi Wanita (Kopwan) daerah tersebut.

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga prihatin melihat kondisi pelaku usaha di Tuban dan juga di Bojonegoro, termasuk pelaku kerajinan kayu. Padahal, industru kerajinan kayu jati di daerah tersebut sebenarnya punya potensi luar biasa, dan menjadi andalan daerah tersebut. Tapi selama ini, mereka kesulitan menembus pasar ekspor karena tak ada perhatian pemerintah untuk membuka aksesnya. “Ini yang perlu diperhatikan. Kami minta pemerintah, khususnya Dinas Industri dan Perdagangan Pemprov Jatim  Jatim turun tangan memberikan perhatian,” kata dia.

Selain itu, pihaknya juga melihat di sejumlah wilayah Tuban memiliki potensi pertanian yang bisa diandalkan untuk menjadi salah satu lumbung beras. Di antaranya Desa Nganu, Kowang, Genamario, Perunggaman kulon dan wetan, Sambaing Rejo, Semanding dan Tegal agung. Karena itu, pihaknya akan terus mendesak pemerintah supaya memberikan perhatian dengan memberikan bantuan peralatan seperti traktor, pompa air, alat pembuat pupuk organik. Tak hanya pertanian, kata dia, Tuban juga memiliki potensi di sektor perikanan. Pihaknya juga akan all out mendesak pemerintah untuk memberikan perhatian pada mereka. Tak hanya bantuan peralatan tangkap ikan, mereka juga perlu disediakan Stasiun BBM Khusus untuk Nelayan. “Ini penting, karena sebagian besar hidup masyarakat di sana banyak dihabiskan di laut,” kata dia.

Dan, lanjut dia, jumlah nelayan selama ini juga tidak sedikit lagi, khususnya di daerah Palang Tuban. Jadi, sangat disayangkan bila uang mereka hanya habis untuk transportasi membeli BBM di daratan, padahal pemerintah bisa menyediakan stasiun BBM di daerah nelayan. “Kami akan sampaikan pada dinas terkait,” janji dia.

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved