Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Dibubarkan , BK Tolak Kinerjanya Dianggap Stagnan

 
22 Mei 2017

Dibubarkan , BK Tolak Kinerjanya Dianggap Stagnan

Dibanding Alat Kelengkapan DPRD Jatim yang lain, seperti Badan Anggaran (Banggar), Badan Musyawarah (Banmus) dan Badan Legislatif (Banleg), Badan Kehormatan (BK) kinerjanya terbilang stagnan. Buktinya selama dilantik 2,5 tahun ini tidak ada realese terkait sejumlah Anggota Dewan yang malas atau mangkir dari acara kedewanan misalnya Rapat Paripurna.

Salah satu Anggota DPRD Jatim yang menolak namanya disebut menegaskan jika BK layak dibubarkan, karena selama ini tak eksis. Berbeda dengan Alat Kelengkapan Dewan yang lain. Semua ini tak lain karena keanggotaan BK dari internal Dewan, sehingga ada rasa ewuh pakewuh jika akan memberikan sangsi. Tidak itu saja, keputusan menjalsnkan sangsi kembali ke Fraksi sebagai kepanjangtanganan Partai.

"Karena faktor inilah BK sulit memberikan sangsi. Karena itu saya setuju BK dibubarkan. Meski untuk itu harus mengubah aturannya oleh DPR RI yang memiliki kewenangan. Kita lihat di DPRD Jatim berapa Anggota Dewan yang mangkir, tapi toh mereka tenang-tenang saja karena BK maupun Fraksi yang bersangkutan cuek-cuek saja,"tegasnya.

Terpisah Ketua BK DPRD Jatim, Anisah Sjakur mengaku laporan tersebut tidak benar, dan menolak kinerjanya stagnan. Justru pihaknya selalu pro sktif menyurati Fraksi ketika ada Anggota Dewan mangkir selama enam kali berturut-turut tidak ikut Rapat Paripurna. Salah satunya ada Anggota dari Fraksi PDIP. Dan itu tentunya kembali lagi ke Fraksinya.

"Tidak benar kalau saya atau BK tidak bekerja. Justru kami bekerja selalu pro aktif. Dan kembali kepada Fraksinya? ketika kita mengirim surat teguran ke salah satu anggota kemudian tidak direspon Fraksinya, terus BK harus bagaimana? Karena itu sudah mekanismenya seperti itu,"papar Politisi asal PKB ini

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved