Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Jatim Berpotensi Kehilangan DAU Rp. 100 Miliyar APBD 2018

 
02 Juni 2017

Jatim Berpotensi Kehilangan DAU Rp. 100 Miliyar APBD 2018

Belum stabilnya perekonomian Nasional berpengaruh pada pendapatan yang diterima oleh Negara lewat Anggaran Pendapatan Dan Belanja Nasional (APBN). Kondisi itu juga berdampak kurang baik pada Dana Alokasi Umum (DAU) yang diterima Jatim. Pasalnya DAU yang diterima Jawa Timur berpotensi kehilangan  Rp. 100 miliar.

Wakil Ketua Komisi C DPRD Jatim, Renville Antonio menegaskan, belum stabilnya perekonomian Dalam Negeri dapat dilihat dari diubahnya Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 50 selama 2017 hingga tiga kali, adapun bentuknya dinamis, yang artinya menyesuaikan dana yang ada di APBN. Kalau diprosentasikan dengan system ini maka potensi DAU Jatim akan kehilangan Rp 100 miliar.

“Hal ini yang akan kami konsultasikan ke Kementerian Keuangan. Pasalnya saat ini dalam penyusunan anggaran, kami masih menggunakan data DAU lama yaitu sekitar Rp. 300 miliar.kalaupun kemudian ada kabar seperti ini, maka akan kami bicarakan saat membahas perubahan anggaran keuangan 2017 pada juli mendatang,” tegas Politisi asal Partai Demokrat ini.

Untungnya kita ada masukan dari PKB, BBNKB dan pajak rokok. Paling tidak beban  APBD jatim,” tandas Ssekretaris DPD Partai Demokrat Jatim tersebut.

Hal senada juga diungkapkan Anggota Komisi C DPRD Jatim itu, Irwan Setiawan. Menurut Sekretris Fraksi PKS DPRD Jatim itu, dari hasil keliling ke UPT yang ada di Surabaya, Sidoarjo dan Trenggalek di dapatkan data jika ada kenaikan hasil pajak yang dipungut di masyarakat lewat PKB dan BBNKB masing-masing 2 persen.

“Data ini akan kami laporkan saat pembahasan PAK 2017. Paling tidak hal ini akan menjadi masukan bagi tim anggaran,”pungkas Politisi yang akrab disapa Kang Irwan tersebut

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved