Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

THR Harus di Bagikan H-7, Komisi E Jatim Minta Pihak Perusahaan Patuhi Aturan

 
14 Juni 2017

THR Harus di Bagikan  H-7, Komisi E Jatim Minta Pihak Perusahaan Patuhi Aturan

Penetapan Pemerintah tentang hak Karyawan yang di berikan oleh pihak perusahaan terhadap  Tunjangan  Hari Raya (THR) harus segera di laksankan sesuai peraturan yang sudah di tetapkan oleh Pemerintah.

Pemberian tenggang Waktu Tunjangan Hari Raya (THR) yang dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat dan Provinsi sebelum lebaran H - 7 harus dipatuhi oleh perusahaan di Jawa Timur. Pasalnya THR ini merupakan pemenuhan hak karyawan sebelum Lebaran.

Artono Anggota Komisi E DPRD Jatim yang membidangi tentang Kesejahteraan Rakyat menghimbau supaya  perusahaan mematuhi peraturan tersebut, sehingga karyawan bisa Lebaran di kampung dengan nyaman dan pihaknya tidak lagi mendengar adanya tunggakan THR

Politisi asal Fraksi PKS DPRD Jatim ini menegaskan  tidak ada alasan lagi perusahaan untuk menunda atau memberikan THR kepada karyawannya. Karena kondisi ekonomi yang lemah atau hal yang menghalangi pembagian THR ke karyawan. "Karena hak THR ini merupakan normatif buruh untuk menerima THR tersebut," tegas Artono.

Sementara itu terkait sanksi bagi perusahaan yang tidak memberikan THR ia mengatakan Pemerintah harus tegas sanksi tegas kepada perusahaan tersebut sesuai Undang - undang yang berlaku.  Ketentuan itu sesuai dengan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 6 Tahun 2016 tentang THR Keagamaan bagi pekerja/buruh di semua perusahaan. Dalam aturan itu ditegaskan bahwa THR keagamaan merupakan pendapatan nonupah yang wajib dibayarkan oleh pengusaha kepada pekerja/buruh atau keluarganya menjelang Hari Raya Keagamaan.

"Saya berharap Pemerintah memberikan sanksi tegas, sehingga membuat perusahaan menjadi jera dan tidak mengulangi tidak memberikan THR pada karyawan," tegas Artono. 

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved