Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Tol Surabaya - Kertosono Di Operasikan, Komisi D Apresiasi Pemprov Jatim

 
19 Juni 2017

Tol Surabaya - Kertosono Di Operasikan, Komisi D Apresiasi Pemprov Jatim

Para pemudik di jalur tengah mulai Senin (19/6) sudah bisa memanfaatkan tol Surabaya-Kertosono. Meski pengerjaan belum sepenuhnya selesai, namun jalur alternatif tersebut sudah bisa dilalui satu arah.

Sugeng Pujianto, Anggota Komisi D DPRD Jatim menjelaskan jalan tol Surabaya - Mojokerto ini telah layak dimanfaatkan, walaupun sebagian masih fungsional ini. Artinya, sudah layak dilewati tetapi masih terdapat kekurangan-kekurangan, seperti belum adanya rambu jalan, penerangan jalan, jalan sebidang dan rest area.

“Jalur fungsional yang ada, yakni jalur Waru – Sepanjang – Driyorejo - Krian dan Mengkreng-Kertosono. Jalur ini hanya diperuntukkan  kendaraan Kelas I non-bus dan non-angkutan barang. Jalur tol dari Surabaya - Mojokerto direncanakan mulai dibuka tanggal 19-26 Juni 2017. sedangkan, dari arah Mojokerto-Surabaya 27 Juni - 3 Juli 2017,” terang Sugeng.

Politisi asal Fraksi PDIP ini juga mengimbau pada masyarakat yang melalui tol ini agar menjalankan laju kendaraannya sekitar 40-50 km/jam khususnya untuk jalan yang masih fungsional. 

Ia menilai saat ini kondisi ruas tol telah siap digunakan dan telah dilakukan pengaspalan jalan yang dirasa cukup mulus. Begitu juga, jembatan bailey yang ada di daerah Menkreng sudah dapat difungsikan. Meskipun, belum sepenuhnya proses pengerjaan jalan selesai, di sisi kiri dan kanan jalan pembatas jalan juga belum sepenuhnya terbangun.

Sementara itu tentang rencana diberlakukannya tarif sebesar Rp.1.500 untuk ruas tol fungsional Waru-Sepanjang, Komisi D yang membidangi tentang Pembangunan ini akan mengusulkan agar tidak ada biaya, sehingga tidak membebani masyarakat.

"Kondisi rest area sangat siap dan layak. Pemudik bisa memanfaatkannya untuk istirahat serta menunaikan ibadah," harap Sugeng putra kelahiran Malang ini 

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved