Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Raperda Pembangunan Kepariwisataan Harus Selaras Dengan RPJMD Provinsi Jawa Timur

 
27 Juni 2017

Raperda Pembangunan Kepariwisataan Harus Selaras Dengan RPJMD Provinsi Jawa Timur

Fraksi DPRD Jawa Timur memberikan beberapa catatan terhadap Raperda tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan. Beberapa tanggapan, seperti wisata halal dan kerjasama dengan pelaku pariwisata

Juru bicara Fraksi PPP DPRD Jatim Rofiq. mengatakan, pihaknya mendukung visi pembangunan pariwisata terkemuka di dunia. Dimana itu tertuang dengan empat misi Pembangunan Kepariwisataan.” Kami harap visi ini harus punya gambaran yang jelas dan mampu diimplementasikan,”kata Rofiq.

Juru bicara asal dapil Jember dan Lumajang ini mengusulkan dalam pelaksanaan Raperda, Pemprov Jatim bekerjasama dengan pelaku pariwisata dan pemangku kepentingan. Oleh sebab itu, perlu adanya konsultasi public yang melibatkan 38 Kabupaten/Kota bersama dengan pemangku kepentingan.” Pembangunan Kepariwisataan harus juga selaras dengan RPJMD Provinsi,”ungkapnya.

Sementara itu, juru bicara Fraksi PAN Zainul Lutfi mengatakan, dalam Raperda ini tentunya melibatkan stakeholder atau organisasi perangkat daerah. Maka dari itu, pihaknya mempertanyakan bagaimana evaluasi atas peranan selama ini serta kedepanya seperti apa.”kami juga memberikan catatan, apakah raperda ini akan memberikan dampak positif bagi pengembangan pariwisata kabupaten/kota di jatim,”kata Lutfi.

Dampak tersebut sangat penting, sebab yang mempunyai wisata adalah kabupaten/kota. Fraksi PAN tidak ingin raperda ini hanya menjadi kertas acuan kabupaten/kota tetapi pemerintah provinsi sedikit seklai hal-hal implementatif dari rencana induk.

Sedangkan juru bicara fraksi partai Demokrat Muhammad Reno Zulkarnain mengatakan, banyak sumbangan terhadap penerimaan devisa dari para wisatawan, maka fraksi partai Demokrat membutuhkan penjelasan. Utamanya mengenai posisi strategis pariwisata jatim dalam pembangunan wilayah dalam pergaulan program. Sehingga ada implikasi utama terbangunya masyarakat yang makmur.

“Menurut undang-undang, ada empat hal pokok yang menjadi perhatian pembangunan kepariwisataan. Diantaranya, destinasi wisata, industry pariwisata, pemasaran pariwisata, kelembagaan pariwisata,”kata Reno.

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved