Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Kualitas Pendidikan Prioritas Utama dalam Meningkatkan SDM

 
28 Maret 2013

Suara Indrapura : Hampir seluruh program yang digagas oleh Pemprov Jatim semata-mata untuk meningkatkan perekonomian serta sumber daya manusia (SDM) di Jatim. Meski diakui tidak semua program yang ada berjalan sempurna. Karenanya melalui reses yang dilakukan Ir. Ahmad Iqbal Satria Utama, Anggota Komisi D DPRD Jatim diharapkan segala kekurangan yang ada dapat dilakukan perbaikan. Dengan begitu masyarakat akan mendapatkan hasilnya secara optimal.

Termasuk soal pendidikan, yang notabene di Tuban banyak berdiri sekolah swasta seperti Madin (Madrasah Dinniyah) selama ini sudah mendapat perhatian dari Pemprov Jatim meski belum maksimal. Tapi terlepas dari itu semua, kini wajah sekolah Madin sudah banyak berubah. Termasuk keputusan Pemprov Jatim membantu penyaluran dana Biaya Operasional Sekolah (BOS) dan sedikit insentif bagi para tenaga pengajar.

"Paling tidak kebijakan Pemprov Jatim ini dapat membantu operasional sekolah madin yang memang sebelumnya sangat minim perhatian dari masyarakat. Namun demikian, Kemenag sebagai penanggungjawab dari kelangsungan keberadaan sekolah swasta ini juga harus memikirkan pendidikannya," tandas politisi asal Partai Demokrat Jatim ini.

Hal ini penting, tegas alumnus ITS Surabaya ini karena alokasi anggaran yang dimiliki oleh Pemerintah Provinsi sangat terbatas dibandingkan dengan jumlah sekolah baik negeri maupun swasta yang tersebar di seluruh wilayah Jatim. Oleh karenanya bantuan pemerintah pusat sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas Madin, karena mereka ini juga generasi bangsa Indonesia yang memiliki hak yang sama untuk memperoleh pendidikan.

Selain soal pendidikan, Iqbal juga berharap jalan penghubung antar desa mendapatkan perhatian dari pusat, Pemprov Jatim maupun Pemkot/Pemkab. Pasalnya, jalan maupun jembatan penghubung antara satu desa dengan desa satunya hampir 60 persen kondisinya memprihatinkan akibat terkena banjir setiap musim penghujan. "Pasti semua orang merasa prihatin jika melihat anak-anak yang berangkat sekolah harus meniti jembatan yang rusak dan rawan putus. Karenanya saya akan berjuang agar persoalan ini mendapatkan perhatian serius untuk segera dilakukan perbaikan," tegasnya. (Noni)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved