Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

PTN dan PTS Se Jatim Bersama DPRD Siap Membumikan Pancasila

 
24 Juli 2017

PTN dan PTS Se Jatim Bersama DPRD Siap Membumikan Pancasila 

Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jatim bersama Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Swasta di Jawa Timur siap membumikan dan mencintai Pancasila, sehingga membentuk Generasi Penerus Bangsa yang kuat.

Deklarasi membumikan Pancasila di Jatim ini ditandai dengan deklarasi PTN dan PTS didepan hadapan Gubernur Jatim, dan Ketua serta Anggota DPRD Jatim Lainnya di ruang Paripurna DPRD Jatim, Senin (24/7).

Adapun isi deklarasi tersebut yaitu mendukung langkah - langkah Negara, berdasarkan Peraturan Perundang - undangan untuk mencegah dan menghentikan dengan segera berbagai bentuk kegiatan intoleransi dan kekerasan berbasis sara, yang mengancam keuntuhan NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 45.

Kedua menanamkan, menyebarkan, dan memperkuat kejujuran, keterbukaan, kebajikan dan solidaritas gotong royong paham rasa semangat kebangsaan indonesia yang berdasarkan pancasila , UUD 45, dan bhineka tunggal ika kepada Civitas  Akademika , institusi lain, dan masyarakat.

Ketua DPRD Jatim Abdul Halim Iskandar mengatakan, Pancasila perlu dibumikan kembali merupakan otokrtik. Pasalnya, Pancasila itu lahir digali dari nilai-nilai budaya bangsa Indonesia. "Kegiatan ini pun diselenggarakan karena ada kekhawatiran generasi bangsa sudah mulai meninggalkan Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa. Dikhawatirkan bisa mengancam keutuhan NKRI," ujar Halim, Senin (24/7). 

Menurutnya, mayoritas warga Nahdlatul Ulama (NU) di Jawa Timur, nilai Pancasila sudah dilaksanakan dengan baik. Terutama saat mereka menggelar kegiatan rutin semisal tahlinan. Sebab, seluruh isi Pancasila diaplikasikan langsung mulai sila pertama hingga kelima. "Itu adalah perwujudan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," bebernya.

Dirinya pun berharap kegiatan ini nantinya bisa memberi suasana baru terhadap implementasi nilai-nilai Pancasila khususnya bagi masyarakat Jatim. "Soal subtansi itu takperlu lagi diperdebatkan, yang penting implementasinya bisa dilaksanakanoleh seluruh masyarakat Jatim," bebernya. 


Sementara itu, Ketua Komisi A DPRD Jatim Freddy Poernomo mengatakan, acara ini digelar sebagai respon terhadap kelompok intoleran yang akhir ini muncul ke permukaan. "Seperti peristiwa beberapa waktu yang kurang sasaran saya rasa, karena bahwa negara kita ini kan multi kultural dan multidimensi dengan banyak ras," ujar Freddy.

Ketua komisi yang membidangi pemerintahan ini pun menegaskan, jangan sampai kelompok tertentu ini merasa benar sendiri dan menyalahkan kelompok yang lain. Dia pun mengingatkan bahwa saat ini semuanya berada di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Yang meletakkan Pancasila sebagai komitmen dasar negara. Dan, itu telah ditetapkan beberapa waktu lalu. 

Acara ini terasa penting, terlebih saat ini sedang masuk tahun ajaran baru. Tidak ada salahnya menfasilitasi guna melakukan penguatan pancasila. Sebab, ini tanggung jawab bersama menjaga Pancasila. Yang bisa dikatakan muaranya terletak pada pendidikan kepada generasi penerus. "Sebelum menjadi yang lebih fatal perlu kami ingatkan. Rumah besar kita adalah negara ini," ungkapnya. 

Masih menurutnya, di dalam Undang-undang nomor 12 tahun 2002 tentang sistem pendidikan tinggi diutarakan, ada kurikulum wajib mengenai Pancasila dan harus diberikan kepada Mahasiswa. Oleh karenanya, dari acara ini diharapkan para Pengajar Perguruan Tinggi nantinya semakin tahu begitu pentingnya penguatan Ideologi Bangsa tersebut. "DPRD sebagai Pemerintah harus tahu betul soal itu," tuturnya

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved