Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Antisipasi Serangan Hama Wereng, Komisi B Minta Distan Jaga Rantai Makanan

 
18 Agustus 2017

Antisipasi Serangan Hama Wereng, Komisi B Minta Distan Jaga Rantai Makanan

Warning Menteri Pertanian, Amran jika hampir sebagian tanaman padi diserang oleh hama wereng, langsung mendapat tanggapan dari Komisi B DPRD Jatim. Mereka meminta agar Dinas Pertanian segera mencari alternatif untuk antisipadi mewabahnya hama wereng di Jawa Timur, sekaligus sosialisasi ke masyarakat.

Anggota Komisi B DPRD Jatim, Agus Maimun menegaskan sebelum hama wereng menjadi wabah yang mengerikan para petani, maka saatnya Dinas Pertanian melakukan antisipasi. Diantaranya menjaga ekosistim dan mata rantai makanan yang telah putus.

"Kita tahu munculnya hama baik wereng maupun tikus karena ada mata rantau terputus. Misalnya hama tikus saat ini sulit dibasmi karena ular yang memakan tikus banyak ditangkap oleh manusia. Berikut wereng sebagai utama makanan burung, kini burungnya sudah habis dikonsumsi manusia. Karenanya hama yang menyerang padi berkeluatan,"tegas Politisi asal PAN Jatim, Kamis (17/8).

Selain menjaga ranrai makanan, juga dalam memberikan pupuk harus menggunkan pupuk alami alias organik. Dengan begitu kualitas tanah akan mengandung humus yang kemungkinan dapat menekan serangan hama. Berikut benih yang akan diberikan harus diberikan kualitas yang unggul sebagai antisipasi untuk mendapatkan tanaman yang kebal daru serangan hama.

Saya kira tiga poin ini yang harus menjadi perhatian Dinas Pertanian,"papar Pria yang juga Ketua FPAN ini.

Hal senada juga diungkapkan Wakil Ketua Komisi B DPRD Jatim, SW. Nugroho. Menurutnya Dinas Pertanian Jatim sepertinya sudah tanggap dan melakukan antisipasi agar hana wereng tidak mewabah di Jatim.

"Kita khan tahu Jawa Timur merupakan salah satu wilayah pendukung Pangan Nasional. Jadi saya percaya jika Dinas Pertanuan Jatim sudah melakukan serangan hama jauh-jauh hari,"tegas Politisi asal PDIP ini

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved