Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

DPRD Jatim Minta Serapan Anggaran OPD Tak Dikebut Akhir Tahun

 
18 September 2017

DPRD Jatim Minta Serapan Anggaran OPD Tak Dikebut Akhir Tahun

DPRD Jawa Timur meminta Pemprov. Jatim sedapatnya bisa melakukan penyerapan anggaran maksimal sebelum tutup tahun. Dengan begitu diharapkan percepatan ekonomi bisa dilakukan di Jawa Timur.

"Saya berharap, Pemprov. Jatim segera menginstruksikan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang belum maksimal penyerapan anggarannya," ujar Anggota DPRD Jatim, Husnul Aqib 

Mengingat OPD yang bersingungan langsung dengan masyarakat. Dia meminta plot anggaran dapat dimaksimalkan dengan baik. 

Diantara OPD yang dimaksud adalah, Dinas Pertanian, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perikinan serta beberapa Dinas lainnya. Dirinya menghimbau agar semuanya memaksimalkan anggaran. Sehingga tidak di akhir tahun semua OPD berlomba-lomba saling menghabiskan anggaran. Hal ini menghindari penggunaan anggaran yang tidak tepat sasaran.

Semua anggaran bisa dimaksimalkan secara baik, sehingga tidak di akhir tahun brojol begitu saja. Program seperti pertanian, perbaikan jalan, bantuan kepada masyarakat seharusnya segera bisa dicairkan. "Diharapkan secepat mungkin cair," pintanya. 

Hingga pertengahan tahun masih ada 31 OPD yang serapan anggarannya 50 persen. Data yang berasil diperoleh, Badan Kepegawaian Daerah serapannya 38,04 persen, Dinas Kelautan dan Perikanan hanya 37,63 persen, RS Mata Masyarakat Surabaya 36,33 persen, Dinas Lingkungan Hidup serapannya 35,20 persen, Biro Pembangunan 32,32 persen, Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah 29,43 persen, Dinas PU Bina Marga serapannya 29,36 persen dan RSY Karsa Husada Batu serapannya 22,85 persen.

Kemudian RSU dr Soedono Madiun serapannya 43,42 persen, Bakorwil Malang serapannya 43,08 persen, Bakorwil Jember serapannya 43,07 persen dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan 42,92 persen. Lantas Dinas Perhubungan serapannya 41,79 persen dan Dinas Perkebunan 40,74 persen.

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved