Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

DPRD Jatim Minta Pemprov Lakukan Serapan Anggaran Secara Maksimal

 
18 September 2017

DPRD Jatim Minta Pemprov  Lakukan Serapan Anggaran Secara Maksimal

Anggota DPRD Jatim Husnul Aqib meminta Pemprov Jatim sedapatnya bisa melakukan penyerapan anggaran maksimal sebelum tutup tahun. Dengan begitu diharapkan percepatan ekonomi bisa dilakukan di Jatim. 

"Saya berharap, Pemprov. Jatim segera menginstruksikan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang belum maksimal penyerapan anggarannya," ujar Aqib. Terlebih pada OPD yang bersingungan langsung dengan masyarakat. Dia meminta plot anggaran dapat dimaksimalkan dengan baik. 

Diantara OPD yang dimaksud adalah, Dinas Pertanian, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perikinan serta beberapa dinas lainnya. Dirinya menghimbau agar semuanya memaksimalkan anggaran. Sehingga tidak di akhir bulan semua OPD berlomba-lomba saling menghabiskan anggaran. Ini guna menghindari penggunaan anggaran yang tidak tepat sasaran.

"Semua anggaran bisa dimaksimalkan secara baik. Jadi tidak di akhir tahun brojol begitu saja. Program seperti pertanian, perbaikan jalan, bantuan kepada masyarakat, yang seharusnya segera bisa dicairkan. Diharapkan secepat mungkin cair," bebernya. 

Jika itu dilakukan, percepatan ekonomi bisa dilakukan dengan baik dan merata. Sebab, selama ini disparitas antar Daerah di Jawa Timur masih terasa. Beberapa wilayah ekonominya masih mengalami perlambatan. Inilah yang kemudian antara perkotaan dengan desa seperti ada pemisah disektor ekonomi. 

Selain menyoroti serapan anggaran, Anggota Dewan asal Lamongan itu juga memperhatikan soal pendidikan. Pengalihan kewenangan dari Kabupaten/Kota, masih dirasa belum maksimal. Terutama masalah pelayanan dan sumber daya guru. Aqib memandang, jumlah Guru di Jawa Timur masih sangat kurang. 

"Terutama Guru Agama. Baik jumlahnya maupun kesejahteraannya masih perlu ditingkatkan. Sekarang tinggal memaksimalkan pelayanan yang ada," tandasnya

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved