Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Fraksi Gerindra, Tugas dan Tanggungjawab Lintas Sektoral dan Lembaga.

 
13 September 2017

Fraksi Gerindra, Tugas dan Tanggungjawab Lintas Sektoral dan Lembaga.

Pengawasan dan pemantauan keberadaan, serta kegiatan orang asing maupun organisasi masyarakat asing, bukan merupakan tugas dan tanggungjawab satu instansi pemerintah saja. Tetapi menjadi tanggungjawab lintas sektoral dan lembaga.

Anggota Fraksi Gerindra Abdul Halim menyampaikan, fasilitas pengawasan dan pemantauan keberadaan kegiatan orang asing dibawah Kementerian Hukum dan HAM. “Dalam hal ini, Ditjen Imigrasi hanya memiliki 119 kantor imigrasi, tidak sebanding dengan 548 jumlah provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia,” terang Abdul Halim.

Ketidakseimbangan ini, lanjut Politisi alumnus Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS) tentu menjadi kendala tersendiri. “Ini berpotensi menimbulkan kekosongan dalam pemantauan keberadaan dan kegiatan orang asing didaerah,” ujar dia. Untuk mengisi kekosongan itu, Abdul Halim mempertegas harus ada langkah serius melakukan pencegahan secara dini, untuk mengetahui keberadaan orang asing dan organisasi masyarakat asing. “Pembentukan peraturan ini, bisa menjadi solusi dan kebutuhan hukum terhadap permasalahan pengawasan orang asing dan organisasi masyarakat asing,” tandas Halim.

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved