Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Penanganan Difteri Di Jatim Harus Dilakukan Preventif Dan Promotif

 
08 Desember 2017

Penanganan Difteri Di Jatim Harus Dilakukan Preventif Dan Promotif

Komisi E Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur meminta agar penanganan Difteri di Jawa Timur dilakukan dengan preventif dan promotif dengan melibatkan Puskesmas dan juga Ponkesdes. Hal ini agar penanganan difteri dapat dilakukan dengan cepat dan tanggap. Hal ini disampaikan oleh Anggota Komisi E DPRD Jatim, Agatha Retnosari di DPRD Jatim, Kamis (7/12).

Menurutnya, dari data Dinas Kesehatan Jatim Kasus Difteri di Jawa Timur selalu diatas angka 300 an mulai sejak 2011 sampai 2017. Dimana korban meninggal dunia ada di kisaran  7 - 12 jiwa. Untuk mengatasi difteri tersebut jika perlu Dinkes harus melakukan program ORI (Outbreak Response Immunitation) seperti yang sudah dilakukan di Blitar.

"Bahkan kalau perlu Dinkes bersama Puskesmas dan Ponkesdes melakukan jemput bola ke masyarakat. Jika perlu datang ke rumah-rumah penduduk yang memiliki anak - anak usia yang membutuhkan imunisasi. Sehingga melakukan imunisasi menyeluruh dan diharapkan dengan demikian Difteri dapat ditekan,"ujar Agatha Politisi asal Fraksi PDIP Jatim ini.

Agatha Politisi asal Dapil I Surabaya - Sidoarjo, juga menyampaikan masyarakat, pihak swasta juga perlu dilibatkan untuk memerangi dan menanggulangi penyakit Difteri ini.  Hal ini  sesuai Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 12 Tahun 2017 Pasal 44. Diantaranya ikut melakukan sosialisasi, turut serta melakukan Imunisasi dan pemantauan Imunisasi

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved