Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

DPRD Jatim, Keberdaan Tol Sumo Dapat Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

 
21 Desember 2017

DPRD Jatim, Keberdaan Tol Sumo Dapat Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur berharap dengan dioperasionalnya Tol Surabaya - Mojokerto (Sumo) dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Jatim. Mulai arus barang menjadi lebih lancar dan tidak mengalami kendala apapun.

"Satu tol tuntas dan telah diresmikan Presiden  di 2017, dan diharapkan empat tol lainnya ditargetkan tuntas pada akhir 2018, "ujar ketua Komisi D DPRD Jatim, Eddy Paripurna ditemui DPRD Jatim, Rabu (20/12).

Lebih lanjut pihaknya juga menyampaikan, dengan beroperasinya tol Sumo dapat mengurai kepadatan lalu lintas. Terutama di wilayah Karang Pilang, jalan raya Kletek. "Sekarang dengan tol Sumo Jarak Surabaya - Mojokerto menjadi 45 menit, dan tidak macet lagi,"paparnya.

Ia juga menambahkan,  pembangunan Tol Sumo ini juga telah ditunggu masyarakat di Jawa Timur untuk segera dilalui. "Secara tidak langsung akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan perekonomian Jatim, "tegasnya Eddy Politisi asal Fraksi PDIP.

Seperti diketahui sebelumnya, Presiden Jokowu meresmikan tol Sumo Seksi IB, II, & III (Sepanjang - Krian) yang merupakan seksi pamungkas Tol Sumo.

Berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Tol Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK) untuk seksi IA dikeluarkan sejak 18 April 2007, setelah dilakukan penandatanganan perjanjian pengusahaan jalan tol (PPJT) dengan Badan Usaha pada April 2006. Kemudian, seksi IV dari Krian ke Mojokerto sepanjang 18,47 km mulai dibangun pada Juni 2012 dan diresmikan pengoperasiannya oleh Presiden Jokowi pada Maret 2016 lalu. Sementara seksi IB mulai dikerjakan pada Mei 2014 dan seksi II dan III dikerjakan sejak November 2015. 

Kini tiga seksi terakhir itu akan bisa dijajal setelah diresmikan pengoperasiannya oleh Jokowi. Pengoperasian Jalan Tol Surabaya-Mojokerto Seksi IB, Seksi II, dan Seksi III ini menyusul surat keputusan laik jalan yang diterbitkan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan Nomor AJ.409/1/9/DRJD/2017 tanggal 1 November 2017, dan Berita Acara Evaluasi Laik Fungsi Nomor BA.202.2/BPJT/JL.03.04/2017 tanggal 27 Oktober 2017

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved