Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Komisi C Optimis Ada Peningkatan PAD pada Tahun 2018

 
07 Februari 2018

Komisi C Optimis Ada Peningkatan PAD pada Tahun 2018

Komisi C DPRD Jatim optimis jika Pendapatan Asli Daerah (PAD) Jatim pada tahun 2018 mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari capaian pada UPT Kota Malang. Dimana capaian PAD pada bulan Januari 2018 mencapai Rp.40.8 miliar atau meningkat dari capaian pada bulan Januari 2017 yang hanya mencapai Rp. 37 miliar.

Anggota Komisi C DPRD Jatim, Irwan Setiawan mengaku dari PAD unsur Pajak Kendaraan Bermotor pada bulan Januari 2018 mencapai Rp. 23 miliar meningkat dari bulan Januari 2017 yang  hanya mencapai Rp. 21 miliar, BBNKB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor) Rp. 17 miliar meningkat dari Rp. 15 milyar pada bulan Januari 2017.

“Capaian kinerja PAD pada awal tahun ini tentunya menggembirakan. Kami sangat mengapresiasi kinerja Bapenda dan terus mendorong agar kinerja yang ada bisa ditingkatkan. Upaya-upaya peningkatan PAD melalui koordiansi dengan Instansi terkait, operasi gabungan bersama Polri, penagihan scara gropyokan, pengiriman SMS jatuh tempo, peningkatan sosialisasi sangat bagus. Karenanya perlu dimonitoring terus khususnya yang ada di lapangan,’’tegas politisi asal PKS, Selasa (6/2) dari hasil yang disampaikan oleh kepala UPT pada saat kunjungan kerja.

Sedangkan ditingkat Jatim terlihat dari turunnya denda pajak pada bulan Januari 2018 yang hanya mencapai Rp. 2 miliar dibandingkan denda pajak pada bulan Januari 2017 yang mencapai angka Rp miliar.

Capaian kinerja yang bagus pada sektor PAD ini, pihaknya juga mendorong agar capaian kinerja pada pendapatan BUMD bisa juga ditingkatkan.

“Kami berharap sejumlah BUMD juga terus memincu kinerjanya agar pendapatannya yang akan disetor ke PAD Jatim ikut meningkat pula. Untuk itu kami akan terusmelakukan pengawasan agar BUMD dapat bekerja secara sehat,’’paparnya.

Sedang Anggota Komisi C DPRD Jatim yang lain, Aufa Zahfiri mengaku dari sejumlah kunjungan di UPT di Jatim, ada tanda-tanda peningkatan PAD. Hal ini dikarenakan kinerja di sejumlah UPT cukup bagus termasuk sejumlah inovasi yang diterapkan mampu meningkatkan PAD Jatim. Baik dari sektor PKB maupun BBNKB.

“Kami mengapresiasi kinerja seluruh UPT Badan Pendapatan Daerah di Jatim. Mereka telah berusaha keras untuk dapat meningkatkan PAD di 2018 ini. Untuk itu perlu diberikan reward kepada mereka yang berhasil. Termasuk punishment bagi mereka yang dianggap hanya bekerja setengah-setengah,’’lanjutnya. 

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved