Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Soal Umbulan, Komisi D Minta PT Meta Penuhi Janjinya

 
08 Februari 2018

Soal Umbulan, Komisi D Minta PT Meta Penuhi Janjinya

Komisi D minta ke PT. Meta melalui Pemprov. Jatim agar memenuhi janji khususnya kepada masyarakat Pasuruan terkait proyek Umbulan. Diantaranya soal Pasuruan diprioritaskan untuk mendapatkan aliran air Umbulan termasuk perbaikan pada galian dan jalan.

Ketua Komisi D DPRD Jatim, Eddy Paripurna menegaskan saat ini hampir 60 persen jalan di Pasuruan rusak berat karena lalu lalang kendaraan berat untuk proyek Umbulan. Disisi lain terkait soal aliran air dari Umbulan ternyata tidak semua masyatakat mendapatkan air bersih Umbulan. Akibatnya beberapa waktu lalu sejumlah LSM ngelurug ke DPRD Jatim.

"Waktu itu sudah kami ketemukan dengan Pemprov Jatim. Dan pihak Eksekutif siap menjembatani,"papar Politisi asal PDIP ini, Kamis (8/2).

Hal senada juga ditegaskan Anggota Komisi A DPRD Jatim, Muzamil. Menurut Politisi asal Nasdem ini jika sejumlah LSM menuntut soal Amdal hingga keabsahan perjanjian dengan pihak ketiga. "Yang pasti kami mendesak agar semua perjanjian untuk dipenuhi dan diselesaikan, "tegasnya.

Terpisah, menurut Kadis BLH Jatim, Diah menegaskan jika pihaknya hanya sebatas melakukan pemantauan di lapangan. Selebihnya untuk pelaksanan proyek ada di Dinas Cipta Karya dan PUPR. Namun terlepas dari itu, pihaknya tetap melakukan  pengawasan dilapangan. Dimana  masa konstruksi wajib melakukan pemantauan uji kualitas udara, kualitas air dan kebisingan, gangguan lalu lintas akibat galian, perbaikan jalan rusak, estetika memasang rambu2 keamanan.

"Semua wajib dilaporkan Rencana Pengelolaan lingkungan dan pemantauan lingkungan setiap 6 bulan sekali. Termasuk masalah sosial adanya ganti rugi juga dilakukan apabila dampaknya menggangu masyarakat selama konstruksi. Hasil evaluasi lapangan pelaksana proyek akan mematuhi ketentuan yang di persyaratkan, agar pembangunan tetap aman dan dampaknya dikendalikan,"paprnya

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved