Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Pemprov Jatim Harus Bangun Infrastruktur Desa Untuk Tekan Kesenjangan Ekonomi

 
12 Februari 2018

Pemprov Jatim Harus Bangun Infrastruktur Desa Untuk Tekan Kesenjangan Ekonomi

Permasalahan kesenjangan antara Desa dan Kota masih terhampar luas, dikarenakan minimnya pembangunan infrastruktur di Desa. Imam Makruf, Anggota DPRD Jatim menuturkan, ekonomi antara masyarakat di Desa dengan masyarakat di Kota sangat terlihat perbedaannya, itu menunjukan besarnya kesenjangan yang terjadi antara Desa dengan Kota.

“Pembangunan infrastruktur jalan di Desa sangat minim, bahkan perbaikan jalan yang rusak saja tidak ada, sehingga kondisi jalan di Desa sangat memprihatinkan, akibatnya kesenjangan ekonomi antara masyarakat di Desa dengan masyarakat di Kota semakin terlihat,” pungkas Politisi dari Fraksi Gerindra DPRD Jatim Ini.

Politisi yang duduk sebagai Wakil Ketua Komisi C DPRD Jatim ini mengatakan, akibat kondisi jalan di Desa yang tidak memadai imbasnya para Petani di Desa tidak bisa mengeluarkan hasil panennya ke Kota atau ke pasar, akhirnga tengkulak yang memanfaatkan dengan begitu dampak fatalnya nilai jual petani rendah karena dimainkan tengkulak. 

“harus ada pembangunan jalan di Desa agar petani bisa mengakses pasar dengan begitu petani bisa menjual hasil panennya dengan harga yang sesuai, dengan begitu ekonomi petani bisa lebih sejahtera dan kesenjangan antara Desa dan Kota bisa sedikit berkurang,” pinta Politisi yang akrab dipanggil Gus Makruf ini.

Politisi dari Dapil Jatim VIII ini menambahkan, selain harus ada pembangunan akses infrastruktur di Desa, Pemprov. Jatim juga harus meningkatkan pembangunan infrastruktur pertanian seperti irigasi, waduk, embung karena selama ini petani hanya mengandalkan tadah hujan untuk mengairi lahan pertaniannya, akibatnya jika tidak terjadi hujan kondisi pertanian tidak bisa tumbuh dengan baik imbasnya hasil panen pun tidak maksimal. 

“Pemprov. Jatim harus membangun infrastruktur pertanian agar petani tidak kesulitan dalam mengairi sawahnya, dengan begitu hasil panen pun bisa melimpah,” imbuhnya

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved