Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Gubernur Serahkan Nama-nama Pj ke Mendagri

 
12 Februari 2018

Gubernur Serahkan Nama-nama Pj ke Mendagri 

Gubernur Jatim Soekarwo sudah menyerahkan nama-nama Pj dan Pjs untuk mengisi posisi Kepala Daerah yang maju Pilkada, Gubernur kelahiran Madiun ini mengajukan tiga nama kandidat setiap Kabupaten/Kota untuk dipilih dan diputuskan oleh Mendagri. Sementara itu Wakil Ketua komisi A DPRD Jatim meminta PJ yang dipilih benar-benar Netral.

Soekarwo Gubernur Jatim menuturkan, pihaknya sudah mengirim nama Pj (Penjabat) untuk tujuh (Daerah)/ Nama yang diajukan dari Pejabat Pratama di jajaran Pemprov Jatim tidak hanya diambil dari Kepala Dinas, tapi juga Asisten dan Kepala Biro, tapi wewenangnya hanya mengajukan untuk keputusan Menjadi wewenang mutlak Mendagri.

“Yang terpenting paham akan Pemerintahan, seperti tahu masalah pembangunan dan Pendidikan, serta terlibat di pengamanan. tapi untuk siapa Nama-nama yang diajukan Gubernur dua periode itu merahasikan Sebelum ada Keputusan dari Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo, dirinya belum bersedia mengungkapkan ke Publik,” ungkap Politisi yang akrab dipanggil Pakde Karwo ini.

Sementara itu Wakil Ketua Komisi A DPRD Jatim, Miftahul Ulum, menuturkan untuk Daerah yang Wakil dan Kepala Daerahnya maju, maka Pj yang akan mengisi kekosongan kepemimpinan, namun jika salah satu yang maju yakni Kepala Daerahnya maka Wakil Kepala Daerah yang mengantikan duduk diposisi Kepala Daerah, tapi harus dalam posisi netral, jika tidak netral dan terlibat dalam kegiatan memenangkan calon, hingga ikut berkampanye harus diganti dan itu menjadi kewenangan Gubernur.

“Aturan tersebut berlaku setelah penetapan dan pihaknya akan mengawasi seluruh Wakil Kepala Daerah yang menduduki posisi Kepala Daerah, jika ditemukan tidak netral, maka Gubernur harus langsung mengusulkan untuk diganti,” ungkap Politisi dari Fraksi PKB ini

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved