Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Cegah Pengangguran Pemerintah Diminta Kerjasama dengan Perusahaan Menampung Lulusan SMA/MA

 
19 Februari 2018

Cegah Pengangguran Pemerintah Diminta Kerjasama dengan Perusahaan Menampung Lulusan SMA/MA 

Pemerintah harus mencari terobosan agar angka pengangguran menurun, terutama bagi Lulusan SMA/SMK, dan Madrasah Aliyah (MA). Salah satu contoh yang dapat mengurangi pengangguran adalah Pemerintah bekerja sama dengan Perusahaan agat mau menerima Karyawan lulusan Sekolah. Jika Karyawan tersebut kinerjanya bagus, maka bisa dilakukan perpanjangan masa kerja.

"Bursa kerja harus sering dibuka, agar lulusan sekolah yang memiliki skill sesuai yang dibutuhkan Perusahaan dapat melamar pekerjaan itu. Sehingga angka pengangguran dapat berkurang," kata Anggota  Komisi E DPRD Jawa Timur, Achmad Sillahuddin. 

Menurut Achmad Sillahuddin kerja sama dengan perusahaan ini penting untuk mencegah timbulnya kriminalitas jika jumlah pengangguran masih tinggi. Mengingat dari tahun ke tahun lulusan SMA sederajat masih banyak menganggur. 

Maka problem ini harus menjadi perhatian Pemerintah agar masyarakat yang menganggur tidak melakukan perbuatan yang melanggar hukum untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Lulusan SMA sederajat bertahun-tahun banyak menganggur. Ini menjadi PR Pemerintah, kenapa jumlah pengangguran masih tinggi," kata Sillahuddin.

Anggota Komisi E DPRD Jatim ini menginginkan agar lulusan SMA sederajat diberi pelatihan, sehingga tidak memunculkan pengangguran baru. Maka kedepan Pemprov. Jatim agar sinergi dengan lembaga-lembaga pelatihan untuk mencetak Generasi Mudah yang lulus Sekolah mempunyai skill.

"Yang lulus kuliah aja banyak yang nganggur. Apalagi lulusan SMA. Padahal seragam, dan biaya sekolah digratiskan," paparnya.

Silahuddin berharap agar Dinas Pendidikan di daerah-daerah berorientasi untuk mencetak anak yang kreatif dan keahlian.

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved