Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

UMKM Di Jatim Harus Segera Dilakukan Penguatan oleh Pemprov. Jatim

 
19 Februari 2018

UMKM Di Jatim Harus Segera Dilakukan Penguatan oleh Pemprov. Jatim

Penguatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menjadi prioritas yang harus dilakukan oleh Pemegang Kebijakan, baik Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota setempat.

Penguatan ini sangat penting didalam menjaga keberlangsungan keberadaan UMKM yang ada. Sehingga mereka akan tetp eksis dan siap bersaing di tengah pasar.

Penegasan ini dikatakan Wakil Ketua DPRD Jatim dari partai Gerindra  Ir. Tjutjuk Sunario di Surabaya, Senin (19/2).

Menurut Tjutjuk banyaknya UMKM yang tumbuh dan berkembang di masyarakat saat ini merupakan haknpositif didalam penopang peerekonomian ditengah kondisi perekonomian bangsa yang masih belum stabil.

Keberadaan UMKM yang ada lanjutnya harus ditopang dengan beberapa kebijakan oleh pemerintah agar keberadannya tidak hanya berada didaerah saja. Tapi bisa dikenal diluar daerah prodak prodak yang dihasilkan oleh UMKM

Satu sisi kita bangga saat ini UMKM terus muncul dimasyarakat dengan prodak prodaknya yang cukup bagus. Namun bila prodak prodak tersebut hanya di kenal didaerah sekitarnya cukup disayangkan. Padahal prodak prodak yang dihasilkan bisa bersaing di luar daerah atau wilayahnya," ujarnya.

Dijelaskan Tjujuk, penguatan terhadap UMKM ini adalah penguatan bagaimana prodak prodak yang dimiliki UMKM bisa bersaing. Sehingga perlu ada pendamlingan dari instansi terkait terhadap mereka.

Mereka para pegiat UMKM kata pria yang sudah dua periode duduk di DPRD Jatim ini, harus dibina bagaimana mencari pasar dan pemasaran yang efektif dan efesian untuk pengenalan prodak mereka, bagaimana membuat kemasan (packaging) yang menarik konsumen serta banyak lagi.

"Dengan pendampingan yang dilakukan secara intensif maka penguatan terhadap UMKM akan terjadi. Sehingga bisa betsaing diluar daerah atau wilyahnya," jelasnya.

Dicontohkan oleh Tjujuk, di dapil VI, ada kampung labu, ada kampung coklat dan ada beberapa daerah yang memiliki prodak cirikhas daerahnya. Ini potensi luar biasa.

"Kalau minimal Dinas Koperasi UMKM Jatim terus melakukan pendampingan, maka akan terbagun pasar bagi mereka untuk prodaknya. Minimal prodak mereka bisa keluar dan laku di luar Provinsi Jawa Timur," ungkapnya

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved